Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Benjamin Netanyahu Berada di Washington pada Saat yang Sangat Menegangkan bagi Israel dan AS

Kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Washington minggu ini dianggap sebagai kunjungan yang menegangkan antara Israel dan juga AS

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Benjamin Netanyahu Berada di Washington pada Saat yang Sangat Menegangkan bagi Israel dan AS
tangkapan layar Time of Israel, Itai Ron/Flash90
DEMO NETANYAHU- Ribuan orang di Israel berunjuk rasa di Tel Aviv pada Sabtu (20/7). Mereka mendesak PM Israel Benjamin Netanyahu untuk tidak berangkat ke AS sebelum menyelesaikan kesepakatan penyanderaan. 

Benjamin Netanyahu Berada di Washington pada Saat yang Sangat Menegangkan bagi Israel dan AS

TRIBUNNEWS.COM- Kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Washington minggu ini dianggap sebagai kunjungan yang menegangkan antara Israel dan juga Amerika Serikat.

Kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Washington minggu ini tampak sebagai kunjungan yang menegangkan antara kedua sekutu tersebut.

Karena ini terjadi di saat terjadi perubahan politik yang ekstrem di Amerika Serikat, dan kekhawatiran di antara para pemimpin Amerika tentang sejarah Benjamin Netanyahu yang turut mencampuri politik dalam negeri Amerika Serikat.

Tujuan utama kunjungan Netanyahu adalah berpidato di hadapan rapat gabungan Kongres.

Namun, yang dipertaruhkan, dalam rapat-rapat dengan pejabat pemerintah, adalah harapan akan kemajuan dalam upaya yang dipimpin AS untuk menengahi berakhirnya perang Israel-Hamas yang telah berlangsung selama sembilan bulan.

Kunjungan tersebut dilakukan saat jumlah korban tewas warga Palestina dalam serangan Israel di Gaza mendekati 40.000 orang.

BERITA REKOMENDASI

Kunjungan tersebut juga terjadi dalam seminggu ketika kematian baru dilaporkan di antara para sandera yang masih hidup — yang meliputi warga Israel, Amerika, dan warga negara lain — yang ditahan oleh Hamas dan militan lainnya sejak jam-jam pertama perang.

Netanyahu merencanakan perjalanannya beberapa minggu sebelum situasi politik AS tiba-tiba berubah drastis musim panas ini.

Termasuk upaya pembunuhan terhadap calon presiden dari Partai Republik Donald Trump pada 13 Juli, dan keputusan Presiden Joe Biden pada hari Minggu untuk menghentikan kampanye pemilihannya kembali yang gagal dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai presiden.

Protes direncanakan untuk pidato Netanyahu di depan kedua majelis Kongres pada hari Rabu.

Sekilas tentang kunjungan tersebut:

Mengapa Netanyahu akan datang

Aspek politik bagi Benjamin Netanyahu adalah bahwa popularitasnya telah merosot di dalam negeri, dan kunjungan tersebut — setidaknya pada awalnya — dipandang sebagai kesempatan baginya untuk menunjukkan dirinya sebagai negarawan global, yang disambut oleh para anggota parlemen dan pemimpin sekutu terdekat Israel dan satu-satunya negara adidaya di dunia.

Ketua DPR Mike Johnson membantu menyampaikan pidato Netanyahu kepada anggota parlemen , yang menyoroti dukungan kuat Partai Republik terhadap pemimpin Israel tersebut.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas