Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Kunjungi AS Saat Tekanan untuk Setop Perang Gaza Makin Besar, Baik di Israel Maupun di AS

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi AS minggu ini di bawah tekanan untuk mengakhiri perang Gaza, baik dari Israel maupun dari AS.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Netanyahu Kunjungi AS Saat Tekanan untuk Setop Perang Gaza Makin Besar, Baik di Israel Maupun di AS
X/@netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) ditemani istrinya, Sara Netanyahu (kiri) saat wawancara dengan media sebelum menaiki pesawat menuju Washington pada Senin (22/7/2024). 

Netanyahu Kunjungi AS Saat Tekanan untuk Akhiri Perang Gaza Makin Besar, Baik di Israel dan dari AS

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi AS minggu ini di bawah tekanan untuk mengakhiri perang Gaza, baik dari Israel maupun dari Amerika Serikat.

Bagaimana pergolakan politik di Washington dapat memengaruhi perjalanan dan hubungan di masa mendatang?

Netanyahu dijadwalkan bertemu Joe Biden – jika presiden telah pulih dari Covid-19 – dan menyampaikan pidato di hadapan sidang gabungan Kongres, satu-satunya pemimpin asing yang melakukannya untuk keempat kalinya.

Perjalanan ini memberinya kesempatan untuk mengatur ulang hubungan dengan Washington setelah berbulan-bulan terjadi ketegangan akibat pendekatan garis kerasnya terhadap perang, dan kesempatan untuk mencoba meyakinkan warga Israel bahwa ia tidak merusak hubungan dengan sekutu mereka yang paling penting.

Namun, hal itu dibayangi oleh keputusan Presiden Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali, yang menyoroti ketidakpastian politik tentang mitra Israel berikutnya di Gedung Putih dan mungkin mengaburkan sebagian perhatian pada kunjungan Netanyahu.

Perdana menteri mendapat banyak perhatian yang tidak diinginkan di Israel sampai saat dia menaiki pesawat.

BERITA TERKAIT

Irama protes menuntut agar ia tetap di rumah dan fokus pada kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas untuk membebaskan sandera Israel.

"Sampai ia menandatangani kesepakatan yang ada di atas meja, saya tidak mengerti bagaimana ia akan terbang menyeberangi Atlantik untuk mengatasi kekacauan politik Amerika," kata Lee Siegal, salah satu anggota keluarga yang ikut berdemonstrasi. Saudaranya yang berusia 65 tahun, Keith, adalah seorang tawanan di Gaza.

Perjalanan ini merupakan langkah politik, imbuhnya, kecuali jika Netanyahu berhenti menjadi “penghalang” dan menandatangani perjanjian gencatan senjata.

Tuan Siegel mencerminkan pandangan luas bahwa Tuan Netanyahu memperlambat proses tersebut karena alasan politiknya sendiri, yang membuat marah para negosiatornya ketika dia baru-baru ini mengajukan persyaratan baru ke dalam perundingan yang tampaknya mengalami kemajuan.

Perdana menteri dituduh tunduk pada tekanan dua menteri kabinet sayap kanan yang mengancam akan menjatuhkan pemerintahannya jika ia memberikan konsesi kepada Hamas.

Persepsi ini menambah frustrasi di Gedung Putih, yang mengumumkan formula terbaru untuk perundingan dan telah menyatakan optimisme bahwa kesepakatan dapat dicapai.

Presiden Joe Biden tetap menjadi salah satu presiden paling pro-Israel yang duduk di Ruang Oval, seorang Zionis yang mendeklarasikan diri dan dipuji oleh orang Israel atas dukungan dan empatinya, yang diperkuat oleh penerbangannya ke Israel beberapa hari setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas