Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Rangkaian Penyergapan Qassam di Jenin, Perwira IDF Kena Bom Saat Betuli Pagar Pemisah Tepi Barat

Ketika para pasukan IDF sedang memperbaiki pagar, mereka dikejutkan oleh bom kedua yang diledakkan petempur Al-Qassam.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in 3 Rangkaian Penyergapan Qassam di Jenin, Perwira IDF Kena Bom Saat Betuli Pagar Pemisah Tepi Barat
HandOut/IST
Para petempur dari Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas di Jenin, Tepi Barat. Dalam pertempuran tanpa terowongan, Brigade Al Qassam mampu berimprovisasi melakukan serangan mematikan bagi pasukan pendudukan Israel. 

Tiga Rangkaian Penyergapan Al-Qassam di Jenin, Pasukan IDF Kena Bom Saat Betuli Pagar Pemisah Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM - Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, di Kegubernuran Jenin, Tepi Barat, mengonfirmasi, pada Selasa (16/7/2024) malam, kalau para petempurnya mampu menjerat pasukan Israel (IDF) dalam tiga penyergapan di dekat pagar pemisah yang berdekatan dengan desa Metulla.

Secara detail, Brigade Al-Qassam merinci proses penyergapan yang mereka klaim menghasilkan korban jiwa di kubu Tentara IDF tersebut.

Baca juga: Fatah Mengganas, Bentrokan Sengit Meletus di Nur Syams, Tentara Israel Kerahkan Sniper ke Tulkarem

"Para petempur Al-Qassam meledakkan alat peledak di pagar pemisah untuk memancing pasukan pendudukan," tulis laporan Khaberni mengutip pernyataan Al-Qassam.

Ketika para pasukan IDF sedang memperbaiki pagar, mereka dikejutkan oleh bom kedua yang diledakkan petempur Al-Qassam.

"Bom kedua melukai dua tentara Zionis," tambah laporan Khaberni.

Tiga rangkaian penyergapan Al-Qassam itu ditutup oleh ledakan bom ketiga saat kru penyelamat dari pihak Israel bergegas merawat tentara yang terluka.

BERITA REKOMENDASI

"Hal ini mengakibatkan cederanya seorang perwira tentara pendudukan," papar laporan tersebut.

Baca juga: Pasukan Israel Kerahkan 20 Ranpur, Buldoser, 100 Infanteri ke Qalandiya, Membabi Buta di Tepi Barat

Para petempur dari Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas di Jenin
Para petempur dari Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas di Jenin, Tepi Barat. Dalam pertempuran tanpa terowongan, Brigade Al Qassam mampu berimprovisasi melakukan serangan mematikan bagi pasukan pendudukan Israel.

Keajaiban Militer

Penyergapan terbaru Al Qassam ini mengingatkan pada ambushment para milisi petempur Palestina -juga di Jenin- pada akhir Juni silam.

Saat itu, penyergapan Jenin - yang mengakibatkan kematian seorang perwira dan melukai 16 tentara Israel (IDF) - mengungkap bola api yang menggelinding di Tepi Barat yang diduduki.

Bola api yang dimaksud adalah milisi perlawanan Palestina menampilkan peningkatan taktik dan kemampuan mereka untuk berkonfrontasi melawan agresi brutal tentara pendudukan IDF.

Dalam ulasannya Jumat (28/6/2024), Khaberni mengutip laporan Al-Jazeera, menggambarkan penyergapan Jenin sebagai salinan dari pola penyergapan milisi perlawanan Palestina di Gaza, namun kali ini lebih istimewa.

Baca juga: VIDEO Ledakan Bom Mobil Guncang Herzliya Tel Aviv, Api Perang Gaza Tiba di Ibu Kota Israel

"Penyergapan Jenin ini dapat digambarkan sebagai hal yang luar biasa dalam semua detailnya karena kendaraan tempur (Ranpur) Israel sudah menembus wilayah tersebut lebih dari sekali dan melibas infrastruktur kota dan kampnya," tulis ulasan tersebut.

Menurut laporan yang disiarkan Al Jazeera oleh jurnalis Suhaib Al-Assa, penyergapan Jenin oleh milisi perlawanan Palestina terhadap tentara IDF seperti keajaiban keamanan dan militer.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas