Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buruknya Catatan Keselamatan Penerbangan Nepal, Semua Maskapainya Bahkan Dilarang Terbang di Eropa

Nepal memiliki catatan keselamatan penerbangan yang buruk dan semua maskapai penerbangannya dilarang memasuki wilayah udara Eropa.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Buruknya Catatan Keselamatan Penerbangan Nepal, Semua Maskapainya Bahkan Dilarang Terbang di Eropa
AFP/PRAKASH MATHEMA
Petugas keamanan memeriksa sisa-sisa pesawat Saurya Airlines setelah jatuh saat lepas landas di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu pada 24 Juli 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - 18 orang tewas setelah sebuah pesawat berpenumpang kecil jatuh tak lama setelah lepas landas di ibu kota Nepal, Kathmandu.

Menurut The Kathmandu Post, pesawat Saurya Airlines tergelincir dari landasan pacu pada Rabu, 24 Juli 2024, sekitar pukul 11.15 waktu setempat.

Pilot pesawat adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan tersebut.




Dari 19 orang onboard, terdapat 2 awak pesawat dan 17 teknisi maskapai.

Mereka sedang dalam perjalanan ke Pokhara, yang kabarnya untuk perawatan pesawat.

Ke-18 jenazah dievakuasi dari lokasi kecelakaan di Bandara Internasional Tribhuvan di Nepal.

Sementara sang pilot, Kapten Manish Ratna Shkya, dirawat di Kathmandu Medical College and Teaching Hospital.

Personel Angkatan Darat dan pejabat lainnya membersihkan puing-puing pesawat Saurya Airlines setelah jatuh saat lepas landas di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu pada 24 Juli 2024. - Sebuah pesawat penumpang jatuh saat lepas landas di Kathmandu pada 24 Juli, dengan pilot diselamatkan dari reruntuhan pesawat yang terbakar tetapi seluruh 18 orang lainnya yang berada di dalamnya tewas, kata polisi di ibu kota Nepal kepada AFP. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP)
Personel Angkatan Darat dan pejabat lainnya membersihkan puing-puing pesawat Saurya Airlines setelah jatuh saat lepas landas di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu pada 24 Juli 2024. (AFP/PRAKASH MATHEMA)
BERITA TERKAIT

Video dan foto yang beredar di media sosial menunjukkan gumpalan asap hitam dari reruntuhan pesawat, yang sebelumnya terbakar tetapi berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Koordinasi pencarian dan penyelamatan Otoritas Penerbangan Sipil Nepal mengatakan dalam pernyataan bahwa pesawat berbelok ke kanan dan jatuh di sisi timur landasan pacu.

Rekor Penerbangan Nepal yang Buruk

Nepal rupanya memiliki catatan keselamatan penerbangan yang buruk, Insider melaporkan.

Nepal sering dianggap sebagai salah satu negara paling berbahaya untuk perjalanan udara.

Baca juga: Ayah, Ibu, dan Anak Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Nepal, Total 18 Orang Meninggal

Semua maskapai penerbangan Nepal bahkan dilarang memasuki wilayah udara negara Uni Eropa mana pun, menurut Daftar Keselamatan Udara UE.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa melarang maskapai penerbangan Nepal beroperasi di UE karena dinilai gagal mematuhi standar keselamatan internasional yang berlaku.

Profesor Ron Bartch, ketua dan direktur pendiri firma konsultan penerbangan AvLaw, menyebutkan salah satu alasan mengapa catatan maskapai Nepal adalah yang terburuk.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas