Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantuan Terus Mengalir, 14 Tank Leopard 2A4 Kiriman Anggota NATO Akan Tiba di Kiev Akhir Musim Panas

Dua anggota NATO yaitu Belanda dan Denmark dipastikan segera mendatangkan sebanyak 14 unit tank Leopard ke Kiev, paling cepat musim panas ini.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bantuan Terus Mengalir, 14 Tank Leopard 2A4 Kiriman Anggota NATO Akan Tiba di Kiev Akhir Musim Panas
Ukrinform/Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina
Tank Leopard 2A4 di garis depan pertempuran Rusia-Ukraina 

TRIBUNNEWS.COM -- Bantuan senjata dari negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) terus mengalir ke Ukraina.

Dua anggota NATO yaitu Belanda dan Denmark dipastikan segera mendatangkan sebanyak 14 unit tank Leopard 2A4 ke Kiev, paling cepat musim panas ini.

Media Ukraina, Ukrinform memberitakan dua negara Eropa tersebut membelikan tank-tank paling modern buatan Jerman untuk memperkuat pasukan Volodymyr Zelensky di garis depan pertempuran.

Baca juga: AS Luncurkan 24 Pengacau Satelit Canggih Luar Angkasa, Antisipasi Perang dengan China dan Rusia

“14 tank Leopard 2A4 yang dibeli Belanda dan Denmark untuk Ukraina akan dikirim ke negara yang dilanda perang itu musim panas ini. Tank tempur utama telah diperbarui dan diuji selama beberapa bulan terakhir. Hal ini diumumkan hari ini oleh Menteri Pertahanan Belanda Ruben Brekelmans,” demikian bunyi laporan itu.

Tank-tank tersebut telah dibeli Belanda dan Denmark dari Jerman tahun lalu. Menurut Ukrinform, meskipun bukan tank yang baru dibuat, namun pabrik Rheinmetall di Jerman telah memperbarui kendaraan lapis baja tersebut sesuai dengan kebutuhan di medan perang.

“Ukraina dapat menggunakan tank dalam perang melawan agresor Rusia,” demikian pernyataan laporan itu.

Jumat (26/7/2024) ini dan kemarin, dua unit tank tersebut sedang menjalani uji verifikasi sebagai bagian dari pengiriman. Sedangkan sisanya yang 12 unit telah disiapkan untuk pengiriman.

BERITA TERKAIT

Semua ank tersebut segera dikirim secara bersamaan pada akhir musim panas ini.

Menhan Belanda Ruben Brekelmans dikutip dari Ukrinform mengatakan bahwa Ukraina sangat membutuhkan lebih banyak dukungan militer, mengingat pertempuran sengit di medan perang sedang terjadi.

Sementara Rusia yang menang jumlah senjata dan personel terus mendesak Ukraina mundur ke wilayah Ukraina yang lebih dalam.

Baca juga: Rusia Maju Sedikit Demi Sedikit Caplok Utara, Timur dan Selatan

"Tank-tank ini dapat memainkan peran penting bagi tentara Ukraina untuk mempertahankan diri dari pasukan Rusia. Bersama dengan sekutu dan mitra, Belanda akan terus mendukung Ukraina selama diperlukan. Ini penting untuk melindungi Ukraina dan menahan agresi Putin," kata Brekelmans.

Menurutnya, Leopard 2A4 dapat membantu Ukraina mencapai keunggulan lapis baja berat di medan perang. Tank-tank ini menawarkan daya tembak dan kecepatan yang besar, juga memastikan perlindungan awak yang berkualitas.

Belanda merupakan anggota Koalisi Tank internasional, yang memasok Ukraina dengan tank tempur utama modern.

Dalam konteks ini, tank Leopard 1 juga sedang dipasok. Denmark dan Jerman berkontribusi dalam upaya tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas