Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu dan Biden Bertemu, Gencatan Senjata Israel-Hamas Makin Dekat, Benarkah?

PM Israel, Benjamin Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden bertemu, benarkah gencatan senjata perang dI Gaza semakin dekat?

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Netanyahu dan Biden Bertemu, Gencatan Senjata Israel-Hamas Makin Dekat, Benarkah?
Miriam Alster/Flash90
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu (kanan) bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Tel Aviv, 18 Oktober 2023. - Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden bertemu, benarkah gencatan senjata perang dI Gaza semakin dekat? 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden bertemu, benarkah gencatan senjata perang dI Gaza semakin dekat?

Pada Kamis (25/7/2024), Biden menjamu Netanyahu di Gedung Putih, Washington, D.C, keduanya membahas gencatan senjata di Gaza.

Menyusul pertemuan itu, pejabat AS menyatakan bahwa pembicaraan tersebut berada dalam tahap akhir dan Biden akan mendorong Netanyahu untuk menerima kesekapatan gencata senjata.

"Saya kira pesan dari pihak Amerika dalam pertemuan itu adalah bahwa kita perlu segera mencapai kesepakatan ini," kata Juru bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller pada hari Kamis (257/2024).

Biden dan Netanyahu, yang telah menjalin hubungan selama puluhan tahun sejak Biden menjadi senator AS pada tahun 1970-an, berfoto di Ruang Oval.

"Ada banyak hal yang harus kita bicarakan," kata Biden.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas 50 tahun pelayanan publik dan 50 tahun dukungan bagi negara Israel," kata Netanyahu. 

BERITA TERKAIT

Ini adalah pertama kalinya kedua pemimpin bertemu secara langsung sejak kunjungan Biden ke Israel setelah serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan.

Pertemuan menegangkan

Biden dan Netanyahu sempat berselisih ketika Amerika murka dengan tingginya jumlah korban sipil Palestina di Gaza serta penolakan Netanyahu untuk membahas rencana pasca-perang bagi Gaza.

Keduanya bertemu setelah Netanyahu selesai berpidato di Kongres AS pada Rabu (24/7/2024).

Baca juga: Negosiasi Gencatan Senjata Tertunda, Netanyahu Bersumpah Lanjutkan Perang hingga Capai Kemenangan

Saat memasuki ruang Kongres, Netanyahu disambut tepuk tangan meriah, tetapi sedikitnya 60 anggota Parlemen AS memboikot pidato Netanyahu di Capitol Hill.

Bahkan ribuan pengunjuk rasa berkumpul di Washington untuk menyuarakan kemarahan mereka atas pembantaian Israel di Gaza.

Mantan negosiato Timur Tengah, Aaron David Miller menyebut kunjungan Netanyahu terjadi pada saat hubungan AS-Israel sedang berada di bawah "tekanan" besar.

“Dukungan bipartisan yang mendefinisikan hubungan (AS-Israel) mulai terpecah,” kata Miller dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Middle East Institute pada hari Kamis (25/7/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas