Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pakar Militer Tergetar oleh Doa yang Diucapkan Petempur Qassam Saat Bom Tank Israel dari Jarak Dekat

Seorang petempur Al Qassam mengucapkan doa yang bukan hanya menggetarkan jiwa tapi juga menggambarkan motivasi luar biasa

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pakar Militer Tergetar oleh Doa yang Diucapkan Petempur Qassam Saat Bom Tank Israel dari Jarak Dekat
twitter
Tangkap layar video yang menunjukkan petempur Brigade Al-Qassam saat menyerang tank Israel di Khan Younis, Gaza Selatan. 

Pakar Militer Tergetar oleh Doa yang Diucapkan Petempur Al-Qassam Saat Bom Tank Merkava Israel dari Jarak Dekat

TRIBUNNEWS.COM - Pakar militer dan ahli strategi asal Yordania, Nidal Abu Zaid, menyoroti video terbaru yang dipublikasikan Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, yang menunjukkan serangan petempur mereka ke tank pasukan pendudukan Israel (IDF).

Serangan petempur Brigade Al-Qassam itu menghancurkan tiga tank Israel di Khan Younis, selatan Jalur Gaza.

Pada video yang dipublikasi pada Jumat (26/7/2024) itu, seorang petempur Al Qassam mengucapkan doa yang bagi Nidal Abu Zaid bukan hanya menggetarkan jiwa tapi juga menggambarkan motivasi luar biasa yang dimiliki para milisi pembebasan Palestina di Gaza dalam petempuran.

Baca juga: Jebakan Terowongan Kembali Rontokkan IDF di Rafah, Senapan Runduk Ghoul Al Qassam Makan Korban Lagi

Dalam video tersebut, terdengar seorang petempur Al-Qassam mengucapkan doa sembari menyiapkan serangan roket anti-tank Al-Yasin 105 ke arah tank angkut personel Israel yang beroperasi di timur Khan Younis, Gaza Selatan.

Ya Rabb istakhdimnaa, wamaa tastabdilnaa (ya Allah! Gunakan kami untuk berkhidmad, jangan kau ganti kami,” ucap sebagain doa yang dilantunkan petempur Al-Qassam tersebut dalam video.

Dilansir Khaberni, Abu Zaid memberikan analisisnya dalam sebuah postingan akunnya di media sosial dengan mengatakan kalau adegan penyerangan itu menunjukkan doktrin para petempur milisi Al-Qassam.

BERITA REKOMENDASI

Dijelaskan, sebagian dari makna doa itu menunjukkan kalau para petempur Brigade Al-Qassam memang seolah berlomba untuk bertempur melawan pasukan pendudukan, tak mau digantikan oleh yang lain.

"Mereka berperang dengan ideologinya. Ideologi semacam ini masih ada di pikiran dan hati anggota milisi perlawanan di Gaza dan menunjukkan besarnya kebencian terhadap pasukan pendudukan Israel sebagai akibat dari kejahatan dan pelanggaran yang mereka lakukan. Mereka teguh berkomitmen terhadap rakyat Gaza. Bagaimana Netanyahu akan berhasil menghilangkan ideologi sekuat ini?" kata Abu Zaid dilansir Khaberni.

Selain itu, secara militer, Abu Zaid menilai kalau video itu menegaskan kalau kelompok perlawanan, setelah agresi IDF selama 294 hari, masih memiliki kemampuan yang cukup untuk menghadapi operasi militer IDF di Gaza.

petempur Brigade Al-Qassam saat menyerang tank Israel di Khan Yunis
Tangkap layar video yang menunjukkan petempur Brigade Al-Qassam saat menyerang tank Israel di Khan Younis, Gaza Selatan.

Ruh Sejati Anak-Anak Palestina Bersumber dari Akidah yang Baik 

Adapun pengamat militer yang juga ahli strategi asal Yordania, Mayjend Fayez Duwairi, saat memberi ulasan militer di Aljazeera, juga memberikan analisis serupa terkait video penyerangan tersebut.

Dilansir Gaza Media, Mayjen Duwairi mengatakan, doa tersebut tidaklah bersumber melainkan dari manusia yang memiliki akidah yang baik dalam mempertahankan keyakinan dan negaranya.

“Maka pejuang ini punya akidah, ideologi yang mewarisi binaan agama yang baik,” kata dia.

Dia melanjutkan, “inilah ruh sejati anak-anak Palestina yang sedang memperjuangkan hak-kak mereka.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas