Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Momen Sukhoi SU-34 Rusia Disengat Rudal Ukraina di Ketinggian 9 Ribu Meter tapi Tetap Bisa Mendarat

Meskipun situasinya gawat, pilot memutuskan untuk tidak melakukan ejeksi dan berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Momen Sukhoi SU-34 Rusia Disengat Rudal Ukraina di Ketinggian 9 Ribu Meter tapi Tetap Bisa Mendarat
Ist
Pesawat tempur Sukhoi Su-34 Rusia. Aksi awak pesawat tempur Sukhoi Su-34 Rusia yang memilih untuk tidak melontarkan diri setelah disengat rudal antipesawat dari pasukan Ukraina, menjadi sorotan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi awak pesawat tempur Sukhoi Su-34 Rusia yang memilih untuk tidak melontarkan diri setelah disengat rudal antipesawat dari pasukan Ukraina, menjadi sorotan.

Pasalnya, tak hanya bersikap "heroik" dengan tidak melontarkan diri, mereka juga berhasil mendaratkan pesawat yang rusak di bandara terdekat, seperti yang dilaporkan oleh koresponden militer Kiril Fedorov.

Dikutip dari situs militer Bulgaria, Fedorov merahasiakan identitas pilot tapi ia membagikan detail penting dari insiden tersebut.




"Rudal tersebut mengenai Su-34 pada ketinggian lebih dari 9 km, menghantam bagian belakang pesawat. Dampaknya menyebabkan beberapa sistem di dalam pesawat gagal berfungsi," tulis laporan tersebut.

Meskipun situasinya gawat, pilot memutuskan untuk tidak melakukan ejeksi dan berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat.

Hebatnya, mereka berhasil melakukannya, dan pesawat yang rusak itu kini dijadwalkan untuk diperbaiki.

Menurut Fedorov, para penerbang pemberani itu kemudian diberi penghargaan Order of Courage.

BERITA TERKAIT

Sukhoi Su-34, jet pengebom garis depan dengan dua tempat duduk, terlibat aktif dalam serangan udara Rusia di Ukraina, dan bertugas sebagai pengangkut bom.

Untuk menyebarkan bom-bom ini, pesawat-pesawat itu terbang hingga ketinggian di atas 9 km, di mana atmosfer tipis dan suhu dingin—di bawah minus 50 derajat Celsius—menimbulkan tantangan tambahan.

Jika episode ini diverifikasi, dapat dikatakan bahwa awak Su-34 Rusia sangat beruntung.

Menurut Situs Militer Bulgaria, di antara pesawat Rusia seperti Su-27, Su-30, Su-34, dan Su-35, Su-34 secara khusus lebih rentan terhadap serangan rudal antipesawat.

Alasannya lebih kompleks daripada yang sering ditunjukkan oleh penggambaran sinematik.

Perbandingan dengan Sukhoi Su-35

Dalam pertempuran udara berisiko tinggi, reaksi pilot terhadap manuver antipesawat dapat sangat memengaruhi hasilnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas