Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hizbullah Dituduh Serang Dataran Tinggi Golan, Lebanon Desak Penyelidikan Internasional

Menteri Lebanon mendesak penyelidikan internasional atau pertemuan komite tripartit yang diadakan melalui UNIFIL untuk mengetahui kebenarannya

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Hizbullah Dituduh Serang Dataran Tinggi Golan, Lebanon Desak Penyelidikan Internasional
CFR
Menteri Luar Negeri dan Imigran Lebanon, Abdallah Bou Habib 

TRIBUNNEWS.COM - Lebanon menyerukan penyelidikan internasional atas serangan yang menewaskan 12 orang Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, The New Arab melaporkan.

Militer Israel sebelumnya mengatakan bahwa roket buatan Iran yang ditembakkan kelompok Hizbullah Lebanon pada hari Sabtu (27/7/2024), menghantam lapangan sepak bola di Majdal Shams, kota Druze di Golan Suriah yang diduduki.

Serangan itu menewaskan anak-anak dan remaja yang sedang bermain di sana.

Hizbullah membantah pihaknya berada di balik serangan itu.

Hizbullah mengklaim pihaknya tidak memiliki hubungan dengan insiden tersebut.

Mereka menuding gagalnya sistem pertahanan udara Israel sendiri lah yang mengakibatkan jatuhnya korban.

"Ini bukan pertama kalinya baterai Israel dan rudal Iron Dome meleset dan menjadi bumerang dan menghantam daerah sekitar Majdal Shams dan Golan Suriah yang diduduki," kata Hizbullah seperti dikutip BBC.

Orang-orang berkumpul di tempat yang terkena rudal di Golan, 27 Juli 2024
Orang-orang berkumpul di tempat yang terkena rudal di Golan, 27 Juli 2024 (via Almayadeen)
BERITA TERKAIT

Sementara itu dilansir media Lebanon Al Mayadeen, laporan menunjukkan bahwa ledakan di Majdal Shams itu mungkin disebabkan oleh rudal anti-udara Iron Dome yang menyimpang dari jalurnya dan menghantam area tersebut.

Serangan itu sedang diselidiki, beberapa laporan menunjukkan bahwa serangan itu disebabkan oleh pencegat Tamir Israel yang gagal.

Pada hari Minggu (28/7/2024), dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X, Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou Habib mendesak dilakukannya penyelidikan internasional atau pertemuan komite tripartit untuk mengetahui kebenaran tentang siapa yang bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Komite tripartit merujuk pada pejabat militer dari Lebanon dan Israel, yang secara teknis sedang berperang, bersama dengan pasukan penjaga perdamaian dari Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL).

Baca juga: Prediksi Israel Bakal Serang Lebanon dalam Waktu Dekat, Ini yang Perlu Diketahui

Bou Habib, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri, mengatakan dia menduga serangan Majdal Shams dilakukan oleh organisasi lain atau merupakan kesalahan Israel atau kesalahan Hizbullah.

Dia menegaskan kelompok Lebanon itu hanya menargetkan posisi militer dan mengesampingkan kemungkinan mereka melakukan serangan yang disengaja terhadap warga sipil di Majdal Shams.

Pernyataan tersebut juga disiarkan oleh Kantor Berita Nasional milik pemerintah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas