Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kim Jong-un Akan Wariskan Kepemimpinan Rezim Korea Utara ke Putrinya, Ju-Ae

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un disebut akan mewariskan tahta kepemimpinan Korea Utara dari dirinya ke putrinya yang kini menginjak remaja. 

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Kim Jong-un Akan Wariskan Kepemimpinan Rezim Korea Utara ke Putrinya, Ju-Ae
AFP/STR/KCNA VIA KNS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kanan) dan putrinya Ju-ae (kiri) menghadiri upacara peresmian Jalan Jonwi di Pyongyang pada 14 Mei 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un disebut akan mewariskan tahta kepemimpinan Korea Utara dari dirinya ke putrinya yang kini menginjak remaja. 

Agen mata-mata Seoul menyebutkan, sang putri kemungkinan akan menjadi penerus Kim Jong-un karena sedang dilatih untuk menjadi pemimpin Korea Utara berikutnya.

Bloomberg menyatakan, putri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang masih remaja mengambil pelajaran kepemimpinan untuk mengambil alih kendali negara, mengutip informasi dari agen mata-mata Korea Selatan.

Badan Intelijen Nasional (NIS) Seou mengatakan kepada anggota parlemen dalam sidang tertutup pada hari Senin bahwa Ju-ae adalah kandidat penerus keluarga Kim, yang telah memerintah negara itu sejak didirikan pada akhir tahun 1940an.

“Korea Utara telah mengisyaratkan Kim Ju-ae sebagai calon penerus pada saat ini dan pembelajaran untuk menggantikan ayahnya sedang berlangsung,” kata anggota parlemen Lee Seong-kweun dari Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa kepada wartawan setelah sesi parlemen.

“Mereka telah menyesuaikan tingkat propaganda dan frekuensi kemunculannya, dengan mempertimbangkan reaksi publik terhadapnya,” kata Lee.

Dijuluki oleh media pemerintah sebagai “putri terhormat” dan “anak tercinta”, Kim Ju-ae tampil pertama kali di depan umum pada November 2022, ketika dia menyaksikan uji coba rudal balistik antarbenua Hwasong-17 bersama ayahnya.

BERITA TERKAIT

Sejak saat itu, ia telah tampil puluhan kali, menemani pemimpin Korea Utara tersebut ke peluncuran rudal dan situs militer, acara kenegaraan, bahkan ke acara olahraga.

Menurut NIS, Ju-ae berusia sekitar 11 tahun dan diyakini sebagai anak kedua dari tiga bersaudara antara Kim dan istrinya, Ri Sol-ju.

Baca juga: Kim Jong Un Tuding AS, Jepang dan Korsel Bersekutu Bentuk NATO Asia Untuk Kalahkan Korea Utara

Laporan tersebut menunjukkan partisipasi Ju-ae tahun lalu pada jamuan makan malam kenegaraan untuk menghormati militer, dan penempatannya selanjutnya “di depan dan tengah dalam foto bersama beberapa anggota angkatan bersenjata yang paling berkuasa.”

“Tidak ada anak lain dari seorang pemimpin Korea Utara yang pernah diperlihatkan sedemikian rupa pada usia semuda ini,” tulis Bloomberg, seraya mencatat bahwa secara tradisional anak-anak pemimpin negara tersebut tidak terlihat oleh publik sampai mereka menjadi bagian dari aparatur negara. .

Baca juga: Vladimir Putin Hadiahkan Sedan Mewah Aurus Senat L700 untuk Kim Jong Un, Harganya Rp 13 Miliar

Pendiri negara Korea Utara Kim Il-sung dan putranya Kim Jong-il dilaporkan juga menempatkan putra-putra mereka yang sudah dewasa di aparat negara untuk melatih mereka sebagai penerus, memberi mereka jabatan resmi, yang menambah status mereka.

Laporan tersebut mengindikasikan bahwa mengingat usia Kim Jong-un yang relatif muda yaitu 40 tahun, ia mungkin akan berkuasa selama beberapa dekade.

Namun, NIS terus memantau dengan cermat kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara tersebut, menurut anggota parlemen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas