Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Kim Jong Un Siapkan Putrinya sebagai Penerus Dinasti Penguasa Korea Utara

Putri Kim Jong Un, Kim Ju Ae, dilaporkan tengah menempuh pendidikan untuk menjadi pemimpin Korea Utara di masa depan sebagai penerus…

zoom-in Kim Jong Un Siapkan Putrinya sebagai Penerus Dinasti Penguasa Korea Utara
Deutsche Welle
Kim Jong Un Siapkan Putrinya sebagai Penerus Dinasti Penguasa Korea Utara 

Media Korea Selatan melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tengah melatih putrinya secara resmi untuk menggantikannya suatu hari nanti.

Kantor berita Yonhap, mengutip Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS), mengatakan bahwa Kim Ju Ae tengah menjalani pelatihan setelah terlihat bersama ayahnya dalam beberapa acara publik pada beberapa tahun terakhir.

Namun, NIS mengatakan tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa ia dapat digantikan oleh salah satu saudara kandungnya karena ia belum secara resmi ditunjuk sebagai penerus ayahnya.

Keluarga diktator Korea Utara itu terkenal sangat tertutup. Hanya sedikit yang diketahui tentang istrinya, Ri Sol Ju, dan ketiga anak mereka. Kim Ju Ae dikabarkan adalah anak kedua mereka.

Nama calon pewaris tahta itu hanya diketahui dunia Barat dari laporan pemain basket Amerika Dennis Rodman, yang diizinkan mengunjungi Kim pada tahun 2013. Saat ini, Kim Ju Ae diyakini berusia 11 atau 12 tahun.

Spekulasi tentang Kim Ju Ae merebak ketika ia menemani ayahnya di berbagai acara publik penting mulai akhir tahun 2022. Media pemerintah menyebutnya sebagai anak Kim Jong Un yang "paling dicintai" atau "dihormati".

Kapan Kim Ju Ae muncul di depan publik Korea Utara?

Media juga menyebarkan rekaman serta foto yang membuktikan meningkatnya kedudukan politik dan kedekatan Kim Ju Ae dengan sang ayah.

BERITA TERKAIT

NIS memberi tahu anggota parlemen bahwa sedikitnya 60% aktivitas publik Kim Ju Ae adalah menghadiri acara militer mendampingi ayahnya.

Para analis yakin meningkatnya profil publik Kim Ju Ae dimaksudkan untuk membungkam persaingan di Pyongyang atau untuk menampilkan keluarga Kim dalam gaya monarki.

Kim Jong Un sendiri mewarisi posisinya sebagai pemimpin dari ayahnya Kim Jong Il, putra pendiri Korea Utara Kim Il Sung.

Rumor kesehatan Kim Jong Un

Kantor berita AP melaporkan pada hari Senin (29/07) Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengalami kenaikan berat badan dan tampaknya memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan obesitas seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Para pejabat Korea Utara juga dikabarkan tengah mencari obat-obatan baru di luar negeri untuk mengobatinya, kata badan mata-mata Korea Selatan NIS kepada anggota parlemen pada hari Senin (29/7).

Kim yang berusia 40 tahun dikenal sebagai peminum berat dan perokok. Ia berasal dari keluarga dengan riwayat masalah jantung.

Ayah dan kakeknya, yang memerintah Korea Utara sebelum ia mewarisi kekuasaan pada tahun 2011, meninggal karena masalah jantung.

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas