Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mata Uang Shekel Israel Anjlok Setelah Pembunuhan Ismail Haniyeh oleh Israel dengan Rudal di Teheran

Shekel Israel mengalami kejatuhan setelah pembunuhan Israel terhadap pejabat politik paling senior Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada awal 31 Juli

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Mata Uang Shekel Israel Anjlok Setelah Pembunuhan Ismail Haniyeh oleh Israel dengan Rudal di Teheran
alarabiya
Kematian pimpinan tertinggi Hamas Ismail Haniyeh di Teheran telah memicu kekhawatiran para keluarga sandera, mereka menilai tewasnya Haniyeh dapat menghambat proses negosiasi pembebasan sandera antara Hamas dengan pemerintah Israel. 

Shekel Israel Anjlok Setelah Pembunuhan Ismail Haniyeh oleh Israel dengan Rudal di Teheran

TRIBUNNEWS.COM - Mata uang Israel, Shekel Israel anjlok setelah pembunuhan Haniyeh.

Perekonomian Israel telah menderita kerugian yang signifikan akibat genosida di Gaza dan operasi Poros Perlawanan.




Shekel Israel mengalami kejatuhan setelah pembunuhan Israel terhadap pejabat politik paling senior Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada awal 31 Juli.

Bloomberg melaporkan pada tanggal 31 Juli bahwa shekel turun 1,2 persen pada hari Rabu "karena para pedagang khawatir pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di tanah Iran meningkatkan bahaya perang Timur Tengah yang lebih luas."

Penurunan kumulatif shekel sebesar 3,3 persen dalam tiga hari terakhir adalah "yang terburuk di dunia," kedua setelah birr Ethiopia yang baru-baru ini mengambang, menurut Bloomberg .

Imbal hasil obligasi pemerintah Israel berdurasi 10 tahun telah naik enam poin menjadi 4,99 persen.

BERITA TERKAIT

"Peristiwa terkini telah mengikis optimisme para pedagang dalam penyelesaian cepat," tulis media tersebut, seraya menambahkan bahwa shekel kemungkinan akan mengalami minggu terburuknya dalam dua tahun.

Nick Rees, ahli strategi valas di Monex Europe Ltd di Inggris, mengatakan, “Sulit untuk melihat skenario di mana shekel tidak akan terus diperdagangkan di bawah tekanan, kecuali dan sampai kedua belah pihak mundur dari jurang.”

Shekel diperdagangkan pada level terendah sejak April.

“Volatilitasnya juga meningkat: fluktuasi tersirat selama satu bulan, berdasarkan harga opsi, telah melonjak selama lima hari berturut-turut, yang merupakan rekor terpanjang sejak November,” imbuh Bloomberg .

Pembunuhan Haniyeh juga dapat membahayakan negosiasi gencatan senjata , yang sebelumnya dipimpin oleh pejabat tinggi Hamas, yang pada dasarnya memperpanjang perang genosida di Jalur Gaza.

Perang di Gaza dan serangan Poros Perlawanan terhadap Israel telah memberikan dampak negatif yang signifikan terhadap ekonomi Israel.

Media berbahasa Ibrani melaporkan awal bulan ini bahwa 46.000 bisnis Israel terpaksa tutup karena perang di Gaza dan operasi Hizbullah, tentara Yaman, dan anggota Poros lainnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas