Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pembunuhan Ismail Haniyeh, Investigasi Iran Menunjuk pada Peluru Kendali Udara

Investigasi awal telah menentukan Israel bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan pembunuhan Haniyeh.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Pembunuhan Ismail Haniyeh, Investigasi Iran Menunjuk pada Peluru Kendali Udara
Anadolu Ajansi/IRNA
Penampakan lokasi Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, diserang pada Rabu (31/7/2024), di dekat Kompleks Saadabad, Teheran utara, Iran. 

Pembunuhan Ismail Haniyeh, Investigasi Iran Menunjuk pada Peluru Kendali Udara

TRIBUNNEWS.COM- Investigasi awal telah menentukan Israel bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan pembunuhan Haniyeh.

Kantor Berita Fars Iran telah melaporkan bahwa Ismail Haniyeh, pemimpin biro politik Hamas, dibunuh oleh proyektil udara yang menghantam kediamannya, menyebabkan kerusakan pada atap dan jendelanya.

Badan tersebut menambahkan bahwa penyelidikan awal telah menentukan Israel bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan pembunuhan Haniyeh.

The New York Times juga melaporkan bahwa pejabat AS secara pribadi mengakui keterlibatan Israel dalam pembunuhan Haniyeh di ibu kota Iran, Teheran, yang terjadi pada hari Rabu.

Meskipun demikian, Israel belum secara terbuka mengklaim bertanggung jawab atas insiden tersebut dan menolak mengomentarinya.

Di sisi lain, juru bicara militer Israel Daniel Hagari membantah keterlibatan apa pun, dan menyatakan pada hari Kamis bahwa tentara Israel tidak melakukan serangan udara terhadap Iran atau negara lain di Timur Tengah pada hari Rabu.

BERITA TERKAIT

Namun, ia mengonfirmasi bahwa Israel telah membunuh pemimpin terkemuka Hizbullah Fouad Shukr di Lebanon, tetapi menegaskan bahwa tidak ada serangan udara lain yang dilancarkan di wilayah tersebut setelahnya.

Sebaliknya, The New York Times dan Axios telah menerbitkan laporan yang menegaskan peran Israel dalam pembunuhan Haniyeh, dengan mengklaim bahwa pembunuhan itu dilakukan dengan menggunakan alat peledak yang ditanam oleh agen Mossad di kamarnya, yang diledakkan dari jarak jauh.


Upacara Pemakaman Kenegaraan di Teheran

Pada hari Kamis, jenazah Haniyeh dibawa dari Teheran, dengan banyak peserta yang menghadiri acara salat jenazah, termasuk pejabat dan masyarakat umum.

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei memimpin salat jenazah untuk Haniyeh, yang sebelumnya dipuji sebagai “pejuang terkemuka dalam perlawanan Palestina.”

Peti mati Haniyeh, bersama dengan pengawalnya Wassim Abu Shaaban, yang juga tewas dalam serangan itu, diarak melalui jalan-jalan Teheran.

Jenazah Haniyeh, bersama dengan rekannya, kemudian diangkut ke Qatar pada Kamis malam. Haniyeh akan dimakamkan di Qatar, tempat ia tinggal bersama dengan anggota biro politik Hamas lainnya.

Doa pemakaman akan dilaksanakan untuknya di Masjid Imam Muhammad ibn Abd al-Wahhab di Doha setelah salat Jumat.


Hari Kemarahan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas