Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pembunuhan Pemimpin Hamas di Teheran, Terindikasi Ada Penyusupan Agen Israel di Intelijen Iran

Muncul seruan pembersihan di badan-badan keamanan dan intelijen Iran dari infiltrasi agen Israel pasca terbunuhnya Ismail Haniyeh

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pembunuhan Pemimpin Hamas di Teheran, Terindikasi Ada Penyusupan Agen Israel di Intelijen Iran
Anadolu Ajansi
Penampakan lokasi Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, diserang pada Rabu (31/7/2024), di dekat Kompleks Saadabad, Teheran utara, Iran. 

Pembunuhan Pemimpin Hamas di Teheran, Indikasi Ada Penyusupan Agen Israel di Intelijen Iran

TRIBUNNEWS.COM - Pembunuhan mengejutkan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di jantung ibu kota Iran dilaporkan telah memicu spekulasi dan peringatan tentang kelemahan serius dan “infiltrasi Israel” dalam badan intelijen dan keamanan Iran.

Maryam SinaeeJurnalis dan analis politik Inggris-Iran melaporkan, para kritikus mengatakan kelemahan ini memungkinkan jaringan intelijen rumit yang terdiri dari penyusup di tingkat tertinggi badan keamanan Iran untuk memberikan informasi penting kepada Israel guna memungkinkan operasi rumit berskala sebesar ini.

Baca juga: Bagaimana dan Kapan Iran akan Membalas Israel Atas Pembunuhan Haniyeh? Paling Cepat Akhir Pekan Ini

Israel belum mengakui bertanggung jawab atas pembunuhan Haniyeh tetapi Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei yang menganggap Israel bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut telah bersumpah untuk membalasnya.

Surat kabar konservatif Iran, Jomhouri Eslami pada Kamis (1/8/2024) mengkritik pihak berwenang Iran karena tidak mengindahkan banyak peringatan tentang infiltrasi Israel setelah sejumlah pembunuhan lainnya oleh Israel seperti pembunuhan pejabat nuklir senior Iran dan anggota Garda Revolusi (IRGC) Mohsen Fakhrizadehnear di Teheran pada bulan November 2020.

“Fakta bahwa rezim Zionis dapat menembakkan roketnya melalui jendela kamar tidur Ismail Haniyeh di kawasan Teheran yang dijaga ketat dan membunuhnya hanya berarti bahwa rezim kriminal ini punya penyusup di antara kita,” tulis Jomhouri Eslami.

“Yang lebih penting daripada membalas dendam adalah memblokir jalur penetrasi musuh melalui udara dan darat serta mengidentifikasi dan menghukum agen mereka,” kata surat kabar itu.

Jomhouri Eslami juga mengingatkan pihak berwenang Iran mengenai kasus historis Eli Cohen, seorang mata-mata Israel yang menyusup ke jajaran tertinggi militer dan pemerintah Suriah pada tahun 1960-an.

BERITA TERKAIT

Surat kabar ini juga menyerukan “pembersihan mendasar di badan intelijen dan keamanan”.

Mansour Haqiqatpour, mantan juru bicara Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran juga mengkritik badan keamanan dan intelijen Iran dalam wawancara dengan situs web berita Rouydad 24 pada Rabu (31/7/2024).

“Keputusan harus diambil terkait beberapa pejabat politik, militer, dan keamanan kita yang harus dipecat karena insiden ini,” kata Haqiqatpour, seorang jenderal IRGC yang menjabat sebagai wakil regional Qasem Soleimani di Pasukan Quds selama lebih dari satu dekade, kepada Rouydad 24.

Jalal Sadatian, mantan duta besar Iran untuk Inggris, juga memperingatkan tentang kemungkinan penyusupan.

"Kami telah digigit oleh [ular yang merangkak keluar dari] lubang ini berkali-kali seperti dalam pembunuhan ilmuwan nuklir dan tokoh lainnya," katanya kepada Kantor Berita Buruh Iran (ILNA) pada Rabu.

Israel telah disalahkan atas pembunuhan sedikitnya lima ilmuwan nuklir Iran di dan sekitar Teheran sejak 2010 serta beberapa serangan sabotase terhadap fasilitas nuklir negara itu.

Dalam wawancara dengan Channel 12 TV Israel pada bulan Juni 2021, mantan kepala Mossad Yosef 'Yossi' Cohen menyatakan bahwa Israel berada di balik pembunuhan Fakhrizadeh dan serangan 11 April 2021 di pabrik pengayaan Natanz.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas