Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyelenggara Pembunuhan Ismail Haniyeh "Mengandalkan" Keterlibatan AS Kata Menlu Rusia Lavrov

Rusia mengatakan bahwa para pengorganisir pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di ibu kota Iran, Teheran, mengandalkan keterlbatan AS

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Penyelenggara Pembunuhan Ismail Haniyeh
ED JONES / AFP
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menjawab pertanyaan dalam konferensi pers setelah pidatonya di Majelis Umum PBB ke-78 di markas besar PBB di New York City pada tanggal 23 September 2023. 

Penyelenggara Pembunuhan Ismail Haniyeh "Mengandalkan" Keterlibatan AS Kata Menlu Rusia Sergey Lavrov

TRIBUNNEWS.COM- Rusia mengatakan pada Kamis (1/8/2024)), bahwa para pengorganisir pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di ibu kota Iran, Teheran, “mengandalkan” keterlibatan AS di kawasan itu untuk menghapus resolusi PBB tentang Palestina, Anadolu Agency melaporkan.

"Para penyelenggara provokasi ini jelas-jelas ingin mengganggu proses negosiasi yang sudah macet dan diperkirakan melibatkan AS dalam aksi militer untuk mengabaikan resolusi PBB tentang pembentukan Negara Palestina".

demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri, menyusul percakapan telepon antara Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov, dan penjabat mitranya dari Iran, Ali Bagheri.

Menunjukkan bahwa Rusia dan Iran mengutuk pembunuhan tersebut, pernyataan tersebut mengatakan keduanya mendefinisikan pembunuhan politik sebagai “tidak dapat diterima” dan tindakan seperti itu

"sangat berbahaya, penuh dengan eskalasi tajam di zona konflik Palestina-Israel dan degradasi besar-besaran situasi regional"

Pernyataan tersebut mengutip Lavrov yang mendesak semua pihak yang memengaruhi situasi di Jalur Gaza dan Timur Tengah untuk "menghindari tindakan yang dapat menyebabkan ketidakstabilan lebih lanjut terhadap situasi dan mengakibatkan korban baru di antara penduduk sipil."

BERITA TERKAIT

Hamas dan Iran mengumumkan pembunuhan Haniyeh Rabu pagi dalam serangan udara Israel yang menargetkan kediamannya di Teheran, setelah ia menghadiri pelantikan Presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian.

Meskipun Israel belum mengomentari pembunuhan itu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengisyaratkan keterlibatan Tel Aviv dalam pembunuhan Haniyeh.

Hamas dan Iran telah berjanji untuk membalas pembunuhan Haniyeh, sementara upaya internasional untuk meredakan situasi di kawasan terus berlanjut, di tengah kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.

Jenazah Ismail Haniyeh Tiba di Doha Ibu kota Qatar

Jenazah Ismail Haniyeh tiba di ibu kota Qatar, Doha, untuk dimakamkan pada hari Jumat

Jenazah kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, tiba pada hari Kamis di ibu kota Qatar, Doha dari Iran dan akan dimakamkan pada hari Jumat, menurut media Qatar, Anadolu Agency melaporkan.

Pemakaman diadakan Kamis pagi di ibu kota Iran, Teheran, dengan sejumlah besar pelayat dan pejabat berpartisipasi, termasuk Presiden Iran, Masoud Pezeshkian, kata laporan media.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas