Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Tangkap Imam Al-Aqsa karena Ajak Doakan Haniyeh, Hamas Mengutuk

Imam Masjid Al-Aqsa ditangkap oleh polisi Israel usai mendoakan Haniyeh saat khutbah salat Jumat. Hamas pun mengutuk penangkapan tersebut.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Israel Tangkap Imam Al-Aqsa karena Ajak Doakan Haniyeh, Hamas Mengutuk
Faiz Abu Rmeleh/Anadolu
Khatib Masjid Al-Aqsa, Sheikh Ekrima Sabri. Imam Masjid Al-Aqsa ditangkap oleh polisi Israel usai mendoakan Haniyeh saat khutbah salat Jumat. Hamas pun mengutuk penangkapan tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM - Imam Masjid Al-Aqsa, Sheikh Ekrima Sabri, ditangkap polisi Israel usai mengajak mendoakan Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh.

Dikutip dari Anadolu Agency, seorang kerabat Sabri mengungkapkan, polisi Israel menyerbu masuk ke kediaman Sabri di Yerusalem Timur dan menangkapnya.

Akibat penangkapan tersebut, Sabri disebut harus memimpin salat jenazah secara in absentia untuk Haniyeh.

"Masyarakat Yerusalem dan sekitarnya dari Masjid Al-Aqsa yang diberkahi berduka atas gugurnya syuhada Ismail Haniyeh," kata Sabri dalam khotbahnya.

Setelah khotbah tersebut, polisi Israel mengungkapkan mereka tengah menyelidiki apakah pernyataan Sabri tersebut merupakan penghasutan atau tidak.

Senada, pengacara Sabri, Hamza Qatina, menyebut polisi Israel mengepung rumah kliennya dalam sebuah sesi yang membahas keputusan utnuk pencabutan izin tinggalnya.

Sekedar informasi, Sabri telah dipindahkan ke 'Kamar Nomor.4' di Pusat Investigasi Al-Maskobiya, sebuah fasilitas yang dirancang untuk menginterogasi warga Yerusalem, dikutip dari Palestina Chronicle.

BERITA TERKAIT

Di sisi lain, pengacara Sabri lainnya, Khaled Zabarqa, mengatakan kepada Al-Jazeera, pernyataan duka yang disampaikan kliennya tidak melanggar hukum di Israel.

Dia menegaskan duka yang dirasakan Sabri atas wafatnya Haniyeh merupakan hal wajar.

Sementara, berdasarkan video yang diunggah oleh akun X, @OnlinePalEng, tampak Sabri dikelilingi oleh beberapa orang yang diduga polisi Israel.

Dia tampak berjalan menuju ke sebuah mobil putih.

Baca juga: Dua Pos Tentara Israel Digeruduk Serangan Gabungan Al-Quds,Qassam, Martir Al-Aqsa di Jenin-Nablus

Hamas Mengutuk

Hamas pun mengutuk penangkapan terhadap Sabri oleh Israel dengan menyatakan "penangkapan itu merupakan serangan langsung terhadap para ulama dan otoritas agama kami, dengan tujuan untuk menyingkirkan para pemimpin dan tokoh nasional dan agama yang berpengaruh yang membela Arabisme Quds dan Islamisme Masjid Al-Aqsa."

Dikutip dari kantor berita Yaman, Saba, Hamas menegaskan otoritas Israel memiliki tanggung jawab terkait keselamatan Sabri.

"Kami mengutuk keras penangkapan oleh otoritas pendudukan Zionis terhadap khatib Masjid Al Aqsa, Syekh Ekrima Sabri, setelah ia menyampaikan khotbah Jumat dan berkabung atas kematian Ismail Haniyeh yang syahid di Aqsa," demikian pernyataan Hamas.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas