Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pejabat AS dan Israel Prediksi Serangan Balasan Iran akan Diluncurkan Paling Cepat Hari Senin

Dilansir Axios, 3 pejabat AS dan Israel mengatakan mereka memperkirakan Iran akan menyerang Israel paling cepat hari Senin.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Pejabat AS dan Israel Prediksi Serangan Balasan Iran akan Diluncurkan Paling Cepat Hari Senin
IRNA/The Sun
Ayatollah Ali Khamenei dan ilustrasi serangan balasan Iran ke Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Serangan Iran terhadap Israel sebagai balasan atas pembunuhan pemimpin biro politik Hamas Ismail Haniyeh minggu lalu diperkirakan akan terjadi paling cepat hari Senin (5/8/2024), ujar tiga pejabat AS dan Israel kepada reporter Axios, Barak Ravid.

Michael Erik Kurilla, komandan Komando Pusat AS, tiba di Timur Tengah pada Minggu (4/8/2024) pagi di tengah ancaman Hizbullah dan Iran terhadap Israel, Walla melaporkan, mengutip dua pejabat senior AS.

Tujuan kunjungan tersebut, yang direncanakan sebelum eskalasi saat ini, adalah untuk mempersiapkan koalisi guna melawan ancaman tersebut.

Israel Siaga Tinggi

Mengutip The Jerusalem Post, beberapa pejabat Iran bersumpah bahwa mereka akan membalas dendam atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Israel kini sedang siaga tinggi menantikan potensi serangan.

Amerika Serikat juga mengirim pasukan tambahan ke wilayah tersebut.

BERITA TERKAIT

Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengatakan pada hari Sabtu bahwa balas dendam akan dilakukan secara serius dan pada waktu, tempat, dan cara yang tepat.

Selain itu, kelompok Hizbullah dari Lebanon, dilaporkan telah memutuskan untuk meningkatkan target serangannya sebagai respons atas pembunuhan komandannya, Fuad Shukr.

Panglima Hizbullah, Fuad Shukr (kiri), dan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.
Panglima Hizbullah, Fuad Shukr (kiri), dan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh. (Kolase Tribunnews, X/Al-Quds)

"Sampai saat ini, Hizbullah dan rezim [Zionis], dalam kesepahaman yang tidak tertulis, secara praktis mematuhi batasan-batasan tertentu dalam operasi militer mereka, yang berarti membatasi tindakan mereka pada wilayah perbatasan dan zona-zona dangkal, dengan sasaran utama militer,” kata juru bicara delegasi Iran untuk PBB kepada CBS News.

“Namun, serangan rezim terhadap Dahieh di Beirut dan penargetan sebuah bangunan perumahan menandai penyimpangan dari batas-batas ini,” kata juru bicara tersebut.

Baca juga: Pesawat Angkut Militer Rusia Pasok Senjata ke Iran Pasca Ali Khamenei Umumkan Perang Terhadap Israel

“Kami mengantisipasi bahwa, dalam tanggapannya, Hizbullah akan memilih target yang lebih luas dan lebih dalam, dan tidak akan membatasi dirinya hanya pada target dan sarana militer.”

Balasan yang Lebih Besar dari Serangan 13 April

Sementara itu, seorang pejabat Israel mengatakan kepada CBS News bahwa meskipun serangan Iran pada 13 April berhasil digagalkan, Israel mengantisipasi pembalasan yang "lebih agresif" kali ini, yakni pembalasan yang dapat meluas ke kepentingan Israel di luar negeri.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas