Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PPMI Mesir Keluarkan Petisi Cairo, Kutuk Kekerasan di Palestina dan Bangun Gaza Kembali

Program bangun Gaza kembali jadi mimpi besar yang nantinya di lokasi itu akan dibangun Indo City atau kampung Indinesia di Jalur Gaza.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in PPMI Mesir Keluarkan Petisi Cairo, Kutuk Kekerasan di Palestina dan Bangun Gaza Kembali
ist
Simposium Kawasan Timur Tengah dan Afrika 2024 yang diselenggarakan di Al Azhar Confence Center, Cairo Mesir, Sabtu (3/08/2024) sepakat mengeluarkan petisi atau deklarasi Cairo menyikapi perkembangan dan situasi di jalur Gaza. Dalam simposium yang dihadiri perwakilan mahasiswa Indonesia petisi tersebut diantaranya stop genosida Israel terhadap bangsa Palestina. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Simposium Kawasan Timur Tengah dan Afrika 2024 yang diselenggarakan di Al Azhar Confence Center, Cairo Mesir, Sabtu (3/08/2024) sepakat mengeluarkan petisi atau deklarasi Cairo menyikapi perkembangan dan situasi di jalur Gaza.

Dalam simposium yang dihadiri perwakilan mahasiswa Indonesia petisi tersebut diantaranya stop genosida Israel terhadap bangsa Palestina.

Baca juga: Geram dengan Situasi di Gaza, Afsel Desak Penyelidikan atas Pembunuhan Ismail Haniyeh

"Kami mengutuk segala bentuk penjajahan dan kekerasan di wilayah tanah Palestina," kata Presiden Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir, Rahmat Iqbal dalam keterangannya, Minggu (4/8/2024).

Mereka juga mengajak masyarakat dunia untuk berperan aktif dalam menyikapi situasi dan kondisi di Gaza, dan ciptakan perdamaian di kawasan Timur Tengah dan dunia pada umumnya.

Mereka juga mendukung program Bangun Gaza yang merupakan gagasan besar International Networking for Humanitarian (INH) karenaa menjadi agenda besar berskala internasional yang membutuhkan banyak masukan dan dukungan.

Baca juga: Aksi Solidaritas untuk Gaza Digelar di Depan Kedubes AS, Lalu Lintas di Tugu Tani Padat

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur International Networking for Humanitarian (INH), Lukmanul Hakim mengajak ratusan mahasiswa Indonesia yang tersebar di negara-negara Timur Tengah (Timteng) dan Afrika untuk terlibat dalam program Bangun Gaza Kembali.

BERITA TERKAIT

"Kunci Kesuksesan program bangun Gaza Kembali adalah gotong royong dan kekompakan dari semua lapisan masyarakat termasuk Mahasiswa yang merupakan komunitas intelektual muda dan calon cendikiawan," jelasnya.

Program bangun Gaza kembali jadi mimpi besar yang nantinya di lokasi itu akan dibangun Indo City atau kampung Indinesia di Jalur Gaza.

"Tentunya harapan ini bisa diwujudkan ketika situasi dan kondisi di Jalur Gaza sudah kondusif dan tidak lagi dalam kondisi terjajah seperti saat ini," katanya.

Kampung Indonesia ini merukapan konsep wilayah atau kawasan terpadu dari mulai bangunan tempat tinggal atau hunian, tempat ibadah, pasar dan tentunya juga gedung sekolah yang akan dimanfaatkan masyarakat di Jalur Gaza yang terdampak dari serangan tentara Israel.

"Kita berdoa bersama agar penjajahan diatas tanah Gaza segera dihentikan sehingga harapan dan mimpi kita bersama bisa terwujud dalam membangun kampung Indonesia di Jalur Gaza," harapnya.

Baca juga: Biden Mulai Cemas, Pembunuhan Ismail Haniyeh Tak Membantu Mencapai Gencatan Senjata di Gaza

Bertepatan pada tanggal 3 Agustus, kata Lukman merupakan momentum penting bagi bangsa Palestina sebagai hari dukungan internasional untuk tahanan Palestina dan Gaza seperti yang diucapkan oleh mendiang Ismail Haniyeh Pemimpin perjuangan kemerdekaan Palestina yakni Hamas yang telah meninggal beberapa waktu lalu.

"Haniyeh menjelaskan bahwa penetapan 3 Agustus sebagai hari solidaritas dengan Gaza dan para tahanan merupakan respons terhadap genosida yang dilakukan "pendudukan Nazi-Zionis" terhadap rakyat Gaza yang hingga kini masih terjadi dan memasuki bulan ke-10," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas