Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tensi dengan Israel Memanas, Presiden Iran Gandeng Rusia Jadi Sekutu Prioritas

Pezeshkian juga menjelaskan bahwa hubungan Iran dan Rusia sejatinya sudah terbangun sejak lama.

Penulis: Bobby W
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Tensi dengan Israel Memanas, Presiden Iran Gandeng Rusia Jadi Sekutu Prioritas
Dokumen Kepresidenan Iran
Presiden Iran Masoud Pezeshkian (kanan) bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kiri) di Teheran, Iran pada 5 Agustus 2024. 

TRIBUNEWS.COM - Presiden Iran Masoud Pezeshkian sepertinya mulai melakukan manuver untuk mengantisipasi eskalasi negaranya dengan Israel yang kian memanas.

Langkah antisipasi ini diperlihatkan Masoud dalam pernyataannya saat menemui Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Sergei Shoigu di Teheran pada hari Senin (5/8/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Masoud Pezeshkian secara gamblang menyebut Rusia kini adalah mitra strategis terdekat dari Republik Islam tersebut.

Melalui pertemuan dengan delegasi Rusia tersebut, Masoud juga menegaskan bahwa perluasan hubungan antara kedua negara tersebut menjadi salah satu prioritas kebijakan luar negeri Iran.

Pezeshkian juga menjelaskan bahwa hubungan Iran dan Rusia sejatinya sudah terbangun sejak lama.

Ia mengatakan bahwa Rusia selama ini termasuk di antara negara-negara yang selalu mendukung Iran terutama di masa-masa sulit

Melalui kerja sama bilateral dengan Rusia tersebut, Pezeshkian juga berharap hubungan antar kedua negara ini dapat membawa peningkatan perdamaian dan keamanan global.

BERITA TERKAIT

Bagi Pezeshkian, kerja sama antara Iran dan Israel tersebut juga dapat diasumsikan sebagai respons terkait kejahatan Israel terhadap Palestina di Gaza,.

Pezeshkian mengatakan bahwa tindakan kriminal Israel mulai dari agresi di Palestina hingga pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, adalah contoh jelas pelanggaran hukum internasional yang tidak bisa diabaikan.

Dalam pernyataannya, Pezeshkian membantah bahwa langkah mempererat hubungan dengan Rusia adalah langkah Iran untuk memperburuk ketegangan dan menyebarluaskan perang di kawasan timur tengah.

Pezeshkian kembali menegaskan bahwa hubungan dengan Rusia ini merupakan langkah yang harus mereka ambil sebagai respons atas kejahatan rezim Israel selama ini.

Baca juga: Mesir Main Aman, Tutup Wilayah Udara dan Ogah Lindungi Israel usai Diancam Iran

Sementara itu, Sergei Shoigu menyambut baik ajakan dari Iran untuk mempererat hubungan negaranya dengan Rusia.

Mantan Menteri Pertahanan Rusia itu juga mengatakan bahwa Iran selama ini telah menjadi salah satu sekutu kunci bagi Rusia di kawasan Asia.

Ia juga mengharapkan bahwa hubungan bilateral ini tidak hanya untuk memperkuat keamanan antara Rusia dan Iran, tapi juga untuk mengembangkan kemajuan antara kedua negara di semua bidang.

(Tribunnews.com/Bobby)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas