Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perusahaan e-commerce Amerika Serikat, Etsy Mendapat Untung dari Bisnis di Pemukiman Ilegal Israel

Perusahaan e-commerce AS, Etsy, mendapat untung dari bisnis yang berlokasi di pemukiman ilegal Israel, sebuah laporan baru mengungkapkan.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Perusahaan e-commerce Amerika Serikat, Etsy Mendapat Untung dari Bisnis di Pemukiman Ilegal Israel
Tangkap Layar/Foto File: Ilan Rosenberg/Reuters
PEMUKIMAN ILEGAL - Pemukiman warga Yahudi Israel di Tepi Barat. Pemukiman di wilayah pendudukan Palestina adalah ilegal menurut hukum internasional dan telah dikutuk oleh PBB. 

Perusahaan e-commerce AS, Etsy Mendapat Untung dari Bisnis di Pemukiman Ilegal Israel

TRIBUNNEWS.COM-  Perusahaan e-commerce AS, Etsy, mendapat untung dari bisnis yang berlokasi di pemukiman ilegal Israel, sebuah laporan baru mengungkapkan.

Diterbitkan bersama oleh Institute for Journalism and Social Change (IJSC), Global Justice Now dan War on Want, laporan tersebut mengidentifikasi setidaknya 44 toko Etsy beroperasi di pemukiman Israel – yang semuanya ilegal menurut hukum internasional – pada Juli 2024.

Etsy menghasilkan uang ketika toko mendaftarkan dan menjual barang-barang mereka, sehingga meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Dengan setidaknya ratusan penjual lainnya terdaftar hanya di bawah “Israel” tanpa menyebutkan lokasi spesifiknya, laporan tersebut memperingatkan bahwa ada kemungkinan “lebih banyak lagi” toko Etsy yang beroperasi dari pemukiman ilegal.

Temuan laporan tersebut mencakup fakta bahwa perusahaan tersebut memiliki 14 toko yang berlokasi di Ariel, salah satu pemukiman ilegal Israel terbesar di Tepi Barat yang diduduki dengan lebih dari 20.000 penduduk pada tahun 2024.

Orang-orang di kota tetangga, Salfit, Palestina, menghadapi kekerasan dari pemukim Israel. dan walikota Ariel baru-baru ini memblokir akses mereka ke kota.

BERITA TERKAIT

Selain itu, ada sembilan toko yang berlokasi di Maale Adumim, pemukiman besar Israel lainnya di Tepi Barat.

Penyelesaian ini awal tahun ini menjadi berita karena rencana kontroversial pemerintah Israel untuk melanjutkan ekspansinya, dengan ribuan rumah baru akan dibangun di lokasi ilegal tersebut, yang selanjutnya membuat warga Palestina terpaksa mengungsi.

Empat toko lainnya berlokasi di Tekoa. Pemukiman ini disebutkan dalam laporan media besar baru-baru ini tentang kekerasan yang dilakukan pemukim terhadap warga Palestina di Tepi Barat.

“Keterlibatan Barat dalam kejahatan perang Israel begitu luas sehingga bahkan Etsy, platform populer untuk berbelanja 'merasa nyaman', terhubung dengan bisnis di pemukiman,” jelas Claire Provost, penulis laporan dan salah satu pendiri serta salah satu direktur IJSC.

“Sejauh ini, hubungan ini tidak terdeteksi dan tidak tertandingi. Setidaknya itu berakhir sekarang.”

Pada bulan Juli, Mahkamah Internasional menyatakan bahwa tidak hanya kebijakan pemukiman Israel, tetapi juga seluruh kehadirannya di wilayah pendudukan Palestina (OPT) melanggar hukum internasional dan harus dihentikan secepat mungkin.

Lebih lanjut, ICJ meminta negara-negara untuk tidak membantu atau mendukung pendudukan ilegal tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas