Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

7 Negara Kecam Pernyataan Bezalel Smotrich, Dubes Jerman: Mengerikan

Adapun tujuh negara yang tak terima dengan ungkapan Bezalel Smotrich mulai dari Mesir hingga Prancis, Dubes Jerman menyebut mengerikan

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in 7 Negara Kecam Pernyataan Bezalel Smotrich, Dubes Jerman: Mengerikan
Bezalel Smotrich
Menteri Keuangan Isreal, Bezalel Smotrich (tengah). Adapun tujuh negara yang tak terima dengan ungkapan Bezalel Smotrich mulai dari Mesir hingga Prancis, Dubes Jerman menyebut mengerikan 

TRIBUNNEWS.COM - Sedikitnya tujuh negara mengecam pernyataan Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich yang menyebut kelaparan di Gaza sebagai hal yang normal.

The Guardian menuliskan, menurut Smotrich membiarkan orang-orang di Gaza kelaparan adalah tindakan yang 'dibenarkan dan bermoral'.

“Tidak seorang pun di dunia akan membiarkan kita membuat 2 juta orang kelaparan, meskipun hal itu mungkin dibenarkan dan bermoral untuk membebaskan para sandera,” ungkap menteri kabinet PM Israel, Benjamin Netanyahu.

Adapun tujuh negara yang tak terima dengan ungkapan Smotrich mulai dari Mesir hingga Prancis.

1. Mesir

Mesir, pada hari Kamis, mengecam seruan Smotrich untuk membuat warga Palestina di Jalur Gaza kelaparan hingga mati, dengan menyebutnya "memalukan dan tidak dapat diterima baik dalam bentuk maupun isi", Anadolu Agency melaporkan.

“Mesir mengecam pernyataan Smotrich, yang mengklaim ada pembenaran moral untuk membuat warga sipil Palestina di Gaza kelaparan,” kata Kementerian Luar Negeri Mesir dalam sebuah pernyataan.

2. Jerman

Jerman juga mengecam pernyataan Smotrich.

BERITA TERKAIT

Demikian dilayangkan oleh juru bicara Kantor Luar Negeri di Berlin.

"Ini adalah pernyataan yang sama sekali tidak dapat diterima dan keterlaluan dari Menteri Keuangan Israel. Kami menolaknya dengan tegas," kata juru bicara Kantor Luar Negeri di Berlin, mengutip middleeastmonitor.

Baca juga: Iran Abaikan Warganya Tanpa Perlindungan saat Bersiap Serang Israel

“Merupakan keharusan kemanusiaan dan prinsip dasar hukum humaniter internasional bahwa warga sipil harus dilindungi dalam perang dan harus memiliki akses terhadap air dan makanan,” tambah juru bicara tersebut.

Duta Besar Jerman untuk Israel, Steffen Siebert, menyebut pernyataan tersebut "tidak dapat diterima dan mengerikan."

"Merupakan prinsip hukum internasional dan kemanusiaan untuk melindungi warga sipil dalam perang dan memberi mereka akses terhadap air dan makanan," tulisnya di X.

3. Kanada

Kedutaan Besar Kanada di Israel pada hari Rabu mengecam pernyataan Smotrich yang dituliskan melalui platform media sosial X.

Menurut mereka, Smotrich bisa menghasut dan merusak perdamaian dunia.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas