Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Amerika Serikat Menggunakan Siprus, Yordania, dan Yunani Sebagai Pertahanan untuk Melindungi Israel

Amerika Serikat menggunakan Siprus, Yordania, dan Yunani sebagai 'platform pertahanan' bagi Israel sebuah Laporan mengungkapkan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Amerika Serikat Menggunakan Siprus, Yordania, dan Yunani Sebagai Pertahanan untuk Melindungi Israel
Photo credit: US Navy via The Cradle
Helikopter Amerika serikat saat mendarat. Washington telah melibatkan negara kepulauan Siprus dalam upayanya untuk melindungi Israel dari potensi pembalasan oleh Iran dan Hizbullah atas serangan Israel baru-baru ini di Teheran dan Beirut 

Amerika Serikat Menggunakan Siprus, Yordania, dan Yunani sebagai Pertahanan bagi Israel

TRIBUNNEWS.COM- Amerika Serikat menggunakan Siprus, Yordania, dan Yunani sebagai 'platform pertahanan' bagi Israel sebuah Laporan mengungkapkan.

Tel Aviv mengantisipasi pembalasan keras dari Iran dan Hizbullah atas pembunuhan yang dilakukannya baru-baru ini di Teheran dan Beirut.

Washington telah melibatkan negara kepulauan Siprus dalam upayanya untuk melindungi Israel dari potensi pembalasan oleh Iran dan Hizbullah atas serangan Israel baru-baru ini di Teheran dan Beirut, harian Lebanon Al-Akhbar melaporkan pada 9 Agustus.

Delegasi militer AS mengunjungi Siprus minggu ini dan mengadakan pertemuan mendesak dengan pejabat pertahanan dan intelijen Siprus.

“Delegasi tersebut didampingi oleh pasukan logistik, militer, dan keamanan yang membawa serta sejumlah besar peralatan, senjata, dan sistem pertahanan udara modern, selain helikopter,” tulis Al-Akhbar .

Pejabat Siprus mengatakan mereka belum pernah melihat senjata dalam jumlah seperti itu sebelumnya, lanjut laporan itu.

BERITA TERKAIT

Menurut laporan tersebut, AS memberi tahu Siprus bahwa peralatan ini “berkaitan dengan ketegangan di kawasan” dan bahwa pulau itu akan berfungsi sebagai “salah satu platform intersepsi terhadap serangan yang diharapkan dari Iran, Yaman, dan Hizbullah.”

Ia menambahkan bahwa Inggris telah memperkuat pangkalannya di Siprus, dan telah mengirim para ahli dan peralatan pertahanan udara ke negara tersebut.

Inggris memiliki dua pangkalan militer besar di Siprus, yang merupakan wilayah kedaulatan Inggris dan mencakup 2,5 persen dari luas pulau tersebut.

Jerman juga dilaporkan telah menyatakan niatnya untuk mengerahkan pasukan angkatan laut ke Siprus dan membantu evakuasi jika terjadi perang skala besar.

"Yang semakin membingungkan otoritas Siprus adalah permintaan AS untuk latihan militer gabungan dengan pasukan Amerika di daratan dan lautan pulau tersebut... latihan tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan memerlukan program yang dipersiapkan setidaknya setahun sebelumnya, bukan 48 jam sebelumnya," kata Al-Akhbar .

“Pejabat Siprus sangat ingin berkomunikasi dengan … poros perlawanan, khususnya Hizbullah, untuk menyampaikan pesan bahwa apa yang terjadi 'terjadi di luar keinginan mereka, dan bahwa mereka tidak ingin melibatkan negara mereka dalam perang apa pun.' Mereka mengungkapkan kekhawatiran bahwa pulau itu dapat menjadi arena konfrontasi dengan Iran, Hizbullah, dan bahkan Ansarallah.”

Tentara Yaman dan gerakan perlawanan Ansarallah juga sedang mempersiapkan tanggapan terhadap serangan Israel di pelabuhan Hodeidah bulan lalu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas