Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemimpin Oposisi Israel Benny Gantz Peringatkan Bisa Terjadi Perang Saudara di Tel Aviv

Anggota Knesset Israel Benny Gantz sebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak akan mengorbankan pemerintahannya untuk lindungi warga Israel

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Pemimpin Oposisi Israel Benny Gantz Peringatkan Bisa Terjadi Perang Saudara di Tel Aviv
A Jazeera
Menteri Perang Israel Benny Gantz resmi mengundurkan diri dari kursi pemerintahan Kabinet Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu, Minggu (9/6/2024). - Gantz menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak akan “mengorbankan pemerintahannya untuk melindungi warga Israel, atau melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencegah perang saudara". 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Knesset Israel yang juga merupakan pemimpin oposisi, Benny Gantz memperingatkan bisa terjadi perang saudara di Israel.

Gantz mengungkapkan pemikirannya selama acara publik yang diadakan pada hari Senin (12/8/2024), untuk memperingati "Penghancuran Bait Suci."

Dalam pernyataannya, Gantz menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak akan “mengorbankan pemerintahannya untuk melindungi warga Israel, atau melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencegah perang saudara".




Dikutip dari Channel 14 Israel, mantan anggota kabinet perang Israel itu menekankan bahwa jika orang Israel "tidak sadar, akan terjadi perang saudara di sini. Dilarang menyembunyikan kebenaran."

"Kita telah melewati ambang batas kekerasan verbal dan fisik," kata Gantz.

"Kita belum belajar dari kejadian 7 Oktober, atau dari Penghancuran Bait Suci," lanjutnya.

Pernyataan ini muncul bersamaan dengan keretakan publik antara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Keamanannya Yoav Gallant .

BERITA TERKAIT

Keretakan hubungan mereka memicu kekhawatiran signifikan di kalangan pejabat senior dalam aparat keamanan Israel, termasuk pasukan pendudukan Israel, Shin Bet, dan Mossad.

Menurut Channel 12 Israel bulan lalu, pejabat keamanan tingkat tinggi telah memperingatkan bahwa konflik pribadi dan politik antara Netanyahu dan Gallant "merusak" manajemen operasi militer yang sedang berlangsung. Tercatat bahwa keduanya tidak berkomunikasi di luar diskusi resmi.

Netanyahu juga mempertimbangkan untuk memecat Gallant dari jabatannya dan menggantinya dengan ketua partai Harapan Baru, Gideon Sa'ar, menurut laporan media Israel.

Channel 12 baru-baru ini melaporkan bahwa Netanyahu berencana mengadakan konsultasi mengenai masalah ini selama reses musim panas Knesset, yang berlangsung selama tiga bulan.

Baca juga: Benny Gantz Mengancam Lebanon, Perang akan Segera Terjadi untuk Kesekian Kali

Hal ini muncul dengan latar belakang pernyataan terbaru yang dikeluarkan oleh Gallant, di mana ia mengklaim telah memberikan arahan kepada militer Israel tentang cara menanggapi insiden di Majdal Shams tanpa memberi tahu Netanyahu.

Kemudian munculah seruan agar Gallant dipecat oleh menteri lain di kalangan pemimpin Israel, yang menuduhnya bertindak "di luar lingkup kewenangannya."

Masa depan suram menanti 'Israel' setelah perang di Gaza

Dalam analisis baru-baru ini, majalah Foreign Affairs telah melukiskan gambaran suram tentang masa depan rezim Israel setelah perang di Gaza.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas