Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Benarkah Yahya Sinwar Pimpin Hamas dari Terowongan Bawah Tanah?

Di mana Yahya Sinwar sekarang? Israel tidak bisa menemukannya. Benarkah ia memimpin gerakan Hamas dari terowongan bawah tanah?

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Benarkah Yahya Sinwar Pimpin Hamas dari Terowongan Bawah Tanah?
X Vice
Yahya Sinwar dalam sebuah wawancara tahun 2021 

TRIBUNNEWS.COM - Penunjukan Yahya Sinwar sebagai pemimpin baru Hamas menimbulkan pertanyaan tentang kemampuannya untuk memimpin gerakan Palestina di tengah salah satu masa paling menantang dalam sejarahnya.

Sinwar adalah salah satu target utama Israel sejak serangan 7 Oktober 2023.

Pasukan Israel telah mencarinya ke mana-mana.

Israel mengklaim bahwa Yahya Sinwar bersembunyi di terowongan di Khan Younis, sebuah kota di Gaza selatan tempat ia dan keluarganya tinggal.

Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui lokasinya.

Sejak perang dimulai, Sinwar hanya muncul dalam sebuah video yang dirilis oleh tentara Israel.

Video itu memperlihatkan Sinwar berada di sebuah terowongan sehari setelah serangan pada tanggal 7 Oktober.

Dalam gambar arsip tertanggal 14 Desember 2022 ini, pimpinan gerakan Hamas Islam Palestina di Jalur Gaza, Yahya Sinwar, muncul di hadapan para pendukungnya selama rapat umum yang menandai ulang tahun ke-35 berdirinya kelompok tersebut di Kota Gaza pada. - Hamas menunjuk Sinwar pada 6 Agustus 2024 sebagai pemimpin politik baru, seminggu setelah pendahulunya Ismail Haniyeh terbunuh di Teheran yang telah meningkatkan ketegangan regional. (Photo by MOHAMMED ABED / AFP)
Dalam gambar arsip tertanggal 14 Desember 2022 ini, pimpinan gerakan Hamas Islam Palestina di Jalur Gaza, Yahya Sinwar, muncul di hadapan para pendukungnya selama rapat umum yang menandai ulang tahun ke-35 berdirinya kelompok tersebut di Kota Gaza pada. (AFP/MOHAMMED ABED)
BERITA TERKAIT

Sejak saat itu, ia tidak pernah terlihat lagi atau terdengar kabarnya, sehingga menimbulkan keraguan tentang apakah dia masih hidup.

Media yang berbasis di London, Asharq Al-Awsat, berusaha mengumpulkan informasi mengenai situasi Sinwar.

Namun kondisi yang sensitif dan kompleks membuat pengumpulan informasi menjadi sulit.

Sumber Hamas di Gaza mengatakan kepada Asharq Al-Awsat bahwa tidak seorang pun dalam gerakan itu yang tahu persis di mana Sinwar berada, baik di dalam maupun di luar Gaza.

Baca juga: Bagaimana Cara Yahya Sinwar Memimpin Hamas dari Bawah Tanah Saat Israel Kesetanan Memburunya?

Namun, sekelompok kecil orang yang tepercaya mengetahuinya dan bertindak sebagai penghubung antara dia dan para pemimpin ketika dibutuhkan.

“Beberapa individu ini memastikan kebutuhannya terpenuhi dan memfasilitasi komunikasinya dengan para pemimpin di dalam dan luar Gaza menggunakan metode yang rumit,” sumber tersebut menambahkan.

Sosok yang diyakini orang terpercaya itu adalah saudara Sinwar, Mohammed, yang juga merupakan komandan senior di Brigade Al-Qassam Hamas.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas