Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangkalan Udara AS di Ladang Gas Koniko Suriah Dirudal, Proksi Iran Mulai Serang Pendukung Israel

Pejabat keamanan AS mengatakan kepada agensi media tersebut kalau “kelompok yang didukung Iran” menembakkan 6 rudal ke pangkalan tersebut.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pangkalan Udara AS di Ladang Gas Koniko Suriah Dirudal, Proksi Iran Mulai Serang Pendukung Israel
Mehr News Agency
Sebuah pangkalan Amerika Serikat (AS) di dekat ladang minyak al-Omar di provinsi Deir ez-Zor di timur laut Suriah menjadi sasaran penembakan rudal. 

Pangkalan Udara AS di Ladang Gas Koniko Suriah Dibombardir Rudal, Proksi Iran Mulai Beraksi

TRIBUNNEWS.COM  - Pangkalan udara Amerika Serikat (AS) di dekat ladang gas Koniko di provinsi Deir ez-Zor, Suriah, dibom dengan rudal.

Laporan itu dilansir Reuters yang mengutip sumber para pejabat AS.

Baca juga: Pangkalan Militer AS Kebobolan, Kenapa Markas Rahasia Tower 22 Tak Bisa Deteksi Drone Milisi Irak?

"Rudal yang ditembakkan ke pangkalan udara Amerika di ladang gas di provinsi Deir ez-Zor, Suriah, tidak mengenai pangkalan itu," kata sebuah sumber dilansir Reuters, Rabu (14/8/2024).

Sumber lain mengatakan kepada agensi tersebut bahwa, menurut data awal, tidak ada korban jiwa akibat serangan tersebut.

Baca juga: Drone Milisi Perlawanan Irak Lagi-Lagi Hajar Kota Eilat Israel, Objek Vital AS Target Sah Serangan

Para prajurit yang menjadi bagian dari Komite Koordinasi Perlawanan Irak
Para prajurit yang menjadi bagian dari Komite Koordinasi Perlawanan Irak (IRCC) menyiapkan roket untuk diluncurkan. Seiring memanasnya eskalasi di Timur Tengah, Kepentingan Amerika Serikat di Irak dan Suriah mulai mendapat serangan intensif dari kelompok perlawanan.

Proksi Iran Mulai Beraksi Balas Dendam

Sebelumnya, seorang pejabat keamanan AS mengatakan kepada agensi media tersebut kalau “kelompok yang didukung Iran” menembakkan 6 rudal ke pangkalan tersebut.

Gelombang rudal tersebut mendarat di dekat fasilitas itu.

BERITA TERKAIT

Hal ini mengindikasikan, walau serangan langsung Iran ke Israel belum terlaksana, proksi-proksinya mulai melancarkan serangan yang menyasar para pendukung negara pendudukan tersebut, termasuk AS.

Dia menambahkan, pasukan koalisi pimpinan AS merespons serangan itu dengan tembakan artileri.

Radio Sham FM mengonfirmasi kalau ladang tersebut menjadi sasaran serangan empat roket, diikuti oleh penerbangan helikopter dan drone yang intens di atas wilayah tersebut.

Seorang pejabat Amerika mengatakan kepada Reuters kalau sejumlah anggota pasukan Amerika dan koalisi terluka dalam serangan pesawat tak berawak di pangkalan koalisi “Kharab al-Jir” di pedesaan Hasakah, Suriah timur.

Baca juga: Media Israel: Angkatan Laut Garda Revolusi Iran Punya Rudal-Rudal Baru Berdaya Ledak Tinggi

Pangkalan Amerika Serikat di Suriah
Sebuah pangkalan Amerika Serikat (AS) di dekat ladang minyak al-Omar di provinsi Deir ez-Zor di timur laut Suriah menjadi sasaran penembakan rudal.

IRCC Ancam Serang Kepentingan AS Jika Pakai Wilayah Udara Irak untuk Menyerang Iran

Pada Senin (12/8/2024), Komite Koordinasi Perlawanan Irak (IRCC) memperingatkan kalau mereka akan membals jika Iran dibom melalui wilayah udara Irak.

IRCC merupakan faksi milisi bersenjata yang mencakup kelompok Syiah yang didukung oleh Iran, terdiri dari Kataib Hizbullah, Asaib Ahl Al-Haq, Kataib Sayyid al-Shuhada, dan Harakat Hizbullah al-Nujaba, yang sebelumnya mengklaim melakukan serangan terhadap sasaran militer AS di Irak.

Komite tersebut menyatakan, “Meskipun terjadi serangan brutal terhadap rakyat dan perlawanan kami, kekuatan arogansi memprioritaskan keamanan entitas Zionis di atas keamanan regional, mengabaikan kedaulatan Irak dan kepentingan negara-negara yang menentang kebijakan kriminal mereka.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas