Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Roket Katyusha Hizbullah dari Lebanon Hantam Kiryat Shmona Israel Tanpa Peringatan

Hizbullah menyatakan, serangan rudal Katyusha ke Kiryat Shmona sebagai tanggapan atas agresi tentara Israel terhadap Kota Abbasieh di Lebanon Selatan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Roket Katyusha Hizbullah dari Lebanon Hantam Kiryat Shmona Israel Tanpa Peringatan
MNA/Tangkap Layar
Gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon meluncurkan roket ke wilayah pendudukan Israel di perbatasan utara negara pendudukan tersebut. 

Rudal Katyusha Hizbullah dari Lebanon Hantam Kiryat Shmona Tanpa Peringatan

TRIBUNNEWS.COM - Dua roket yang diluncurkan dari Lebanon menghantam kota Kiryat Shmona di utara wilayah Israel, menyebabkan kerusakan, kata pemerintah kota pendudukan dilansir MNA, Rabu (14/8/2024).

Gerakan Perlawanan Lebanon, Hizbullah, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu kalau pasukannya menembakkan serangan rudal Katyusha ke Kiryat Shmona sebagai tanggapan atas agresi tentara Israel (IDF) terhadap Kota Abbasieh di Lebanon Selatan.

Baca juga: Bandara Ben-Gurion Target Empuk Serangan Iran-Hizbullah, Israel Pindahkan Simbol Nasional ke Eilat

Laporan media Israel, Times of Israel mengutip sumber-sumber lokal yang mengatakan bahwa "Dua roket yang diluncurkan dari Lebanon menghantam kota Kiryat Shmona di utara beberapa waktu lalu, menyebabkan kerusakan, kata pemerintah kota."

Juru bicara kota tersebut mengatakan tidak ada sirene yang dibunyikan sebelum roket menghantam.

Baca juga: Pawai Drone Hizbullah Sasar Kiryat Shmona Tanpa Dicegat: Sirene Baru Meraung Setelah Ledakan 

Gambar yang diklaim diambil dari Kiryat Shmona di Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, memperlihatkan kebakaran di perbukitan utara setelah terkena serangan roket Hizbullah pada Jumat (10/5/2024).
Gambar yang diklaim diambil dari Kiryat Shmona di Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, memperlihatkan kebakaran di perbukitan utara setelah terkena serangan roket Hizbullah pada Jumat (10/5/2024). (Telegram)

Tel Aviv Bisa Terbakar Seperti Kiryat Shmona

Serangan gerakan Hizbullah makin intensif ke wilayah pendudukan Israel seiring meningkatnya eskalasi di perbatasan.

Hizbullah, bersama Iran, bersumpah akan melakukan pembalasan ke Israel atas pembunuhan dua tokoh perlawanan, pemimpin biro politik Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran dan komandan senior Hizbullah, Fuad Shukr di Beirut beberapa waktu lalu.

Terkait pembalasan tersebut, dalam sebuah wawancara dengan Israel Hayom, Haim Tomer, mantan pejabat senior di Satuan Tugas Khusus dan Intelijen Mossad, mengungkapkan pesimismenya tentang peluang selamat Israel jika benar melakukan perang habis-habisan melawan Gerakan Perlawanan Lebanon Hizbullah.

BERITA TERKAIT

Dia memperingatkan, menyatakan perang habis-habisan terhadap Lebanon, setelah delapan bulan agresi di Gaza, akan membahayakan fungsi “Israel” sebagai entitas pendudukan – secara ekonomi, sosial, dan internasional.

Baca juga: Hizbullah Ubah Taktik Jelang Invasi Israel ke Lebanon: Barak Militer IDF di Perbatasan Disapu Rudal

"Masyarakat Israel harus memahami ancaman perang habis-habisan terhadap visi Zionis Israel," katanya dilansir Al Mayadeen, Sabtu (7/6/2024).

Baca juga: IDF Ganti Mode Serang di Utara, PLN Israel Ingatkan Skenario Ribuan Rudal Hizbullah: Siap-siap Gelap

Gambar ILustrasi. Kelompok milisi Lebanon, Hizbullah dilaporkan menyergap konvoi tentara Israel dan menghujani IDF dengan berbagai jenis tembakan mulai dari peluru artileri, rudal berpemandu, hingga senjata anti tank di Ruwaisat Al-Alam, Kamis (25/4/2024) malam.
Gambar ILustrasi. Kelompok milisi Lebanon, Hizbullah dilaporkan menyergap konvoi tentara Israel dan menghujani IDF dengan berbagai jenis tembakan mulai dari peluru artileri, rudal berpemandu, hingga senjata anti tank di Ruwaisat Al-Alam, Kamis (25/4/2024) malam. (khaberni/HO)

Hizbullah akan Melumpuhkan Israel

Jika perang toal terjadi, Tomer membayangkan ribuan rudal Hizbullah akan menyerang seluruh entitas pendudukan, “membungkamnya selama berminggu-minggu.”

Dia menekankan, jika Israel bersiap untuk perang habis-habisan dengan Hizbullah, seperti yang dikemukakan oleh Kepala Staf IDF Herzi Halevy, maka negara pendudukan itu harus bersiap menjadi sasaran tembak ribuan rudal selama berminggu-minggu.

Baca juga: Jenderal IDF: Dikeroyok 6 Front Pertempuran, 3 Ribu Rudal Tiap Hari akan Meluncur ke Israel

“Hal ini (pernyataan perang habis-habisan) berarti aakan ada peluncuran ribuan rudal yang menargetkan inti Israel, menyebabkan kelumpuhan yang meluas selama berminggu-minggu, berdampak pada Israel, dan fasilitasnya, termasuk Pelabuhan Haifa dan bandara militer di utara".

Dia juga memprediksi, kota-kota utama Israel seperti Tel Aviv dan Haifa, juga bisa seperti Kiryat Shmona, kota di perbatasan utara yang baru-baru ini 'terbakar' oleh serangan besar rudal Hizbullah.

Baca juga: Seusai Hizbullah Bakar Kiryat Shmona di Utara, Giliran Houthi Gempur Kota Eilat di Israel Selatan

“Ada kemungkinan bahwa nasib Kiryat Shmona dan Galilea yang ditinggalkan, di mana terdapat banyak kerusakan, akan serupa dengan kota Acre, Tiberias, dan mungkin juga Haifa, dan mungkin meluas lebih jauh ke Tel Aviv. "

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas