Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Resah, Aliansi Militer AS dan Jepang Kian Membahayakan, Picu Ancaman Nuklir

China gelisah oleh makin menguatnya aliansi militer yang dibangun antara Amerika Serikat dan Jepang dan kini melibatkan Korea Selatan.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in China Resah, Aliansi Militer AS dan Jepang Kian Membahayakan, Picu Ancaman Nuklir
Military.com
Aliansi pertahanan Amerika Serikat-Jepang dicurigai akan menjalin kerjasama pengembangan Rudal Udara-ke-Udara Jarak Menengah Tingkat Lanjut (AMRAAM) dan Peningkatan Segmen Rudal Patriot PAC-3 (MSE), sebuah rudal pencegat pertahanan udara. 

TRIBUNNEWS.COM - China makin menunjukkan keresahan karena makin menguatnya aliansi militer yang dibangun antara Amerika Serikat dan Jepang dan kini melibatkan Korea Selatan.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, Zhang Xiaogang dalam sebuah pernyataan resmi hari Jumat di Beijing memperingatkan, peningkatan kerja sama militer diantara mereka akan memicu ancaman nuklir dan meningkatkan ketegangan regional.⁣

Sebelumnya, pada Pertemuan Tingkat Menteri 2+2 baru-baru ini, AS dan Jepang mengumumkan rencana mengatur kembali Pasukan AS-Jepang (USFJ) dan menyatakan keprihatinan mengenai perluasan persenjataan nuklir China yang pesat.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menekankan bahwa “pencegahan yang diperluas” adalah elemen utama dibangunnya aliansi militer AS-Jepang.⁣

Zhang mengkritik AS dan Jepang karena membesar-besarkan apa yang disebut “ancaman militer Tiongkok” sebagai dalih untuk mempererat hubungan militer.

Dia mengatakan, tindakan ini memicu konfrontasi blok dan merusak perdamaian dan stabilitas regional. Kami dengan tegas menentangnya.⁣

Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, Zhang Xiaogang OK
Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, Zhang Xiaogang.


Zhang menekankan bahwa China mengikuti strategi nuklir untuk pertahanan diri dan menganut kebijakan tidak menggunakan senjata nuklir terlebih dahulu.

Dia menambahkan bahwa China tidak berpartisipasi dalam perlombaan senjata nuklir dengan negara lain dan mempertahankan kemampuan nuklirnya pada tingkat minimum yang diperlukan untuk keamanan nasional.⁣

Pada Pertemuan Tingkat Menteri 2+2 di Tokyo, AS secara resmi setuju untuk membentuk kembali markas militernya di Jepang, US Forces Japan (USFJ), sebagai Markas Besar Pasukan Gabungan yang melapor kepada komandan Komando Indo-Pasifik A.S. di Hawaii.

BERITA TERKAIT

Berkat dorongan dari para pejabat AS, pemulihan hubungan antara Jepang dan Korea Selatan telah mencapai kemajuan yang signifikan selama setahun terakhir.

Bulan lalu, AS dan Jepang mengumumkan bahwa mereka akan mempercepat rencana merombak aliansi militer mereka sebagai respons terhadap meningkatnya kekhawatiran keamanan di kawasan.

Pengumuman tersebut dibuat setelah pertemuan pada tanggal 28 Juli antara Menteri Luar Negeri Jepang Kamikawa Yoko dan Menteri Pertahanan Kihara Minoru serta Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin.

Baca juga: Filipina Protes ke China Atas Manuver Suar di Gugusan Pulau Karang Scarborough Shoal

Selama pertemuan 2+2, AS secara resmi setuju untuk membentuk kembali markas militernya di Jepang, Pasukan A.S. Jepang (USFJ), sebagai Markas Besar Pasukan Gabungan (JFHQ) yang melapor kepada komandan Komando Indo-Pasifik A.S. INDOPACOM) di Hawaii.

Langkah yang telah lama ditunggu-tunggu ini memberikan otonomi yang lebih besar kepada komandan AS di Jepang dan memungkinkan peningkatan koordinasi komando dan kontrol dengan Pasukan Bela Diri Jepang (JSDF).

Tokyo telah menganjurkan perubahan tersebut karena khawatir USFJ akan lambat bereaksi terhadap krisis keamanan atau bencana alam karena kewenangannya yang terbatas.

Menteri Pertahanan AS Austin menggambarkan langkah ini sebagai “perubahan paling signifikan terhadap Pasukan A.S. di Jepang sejak pembentukannya, dan salah satu peningkatan terkuat dalam hubungan militer kita dengan Jepang dalam 70 tahun.”

Baca juga: China: AS Jadi Ancaman Dunia Jika Terjadi Perang Nuklir

Pernyataan Bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan bilateral juga menguraikan langkah-langkah untuk meningkatkan pengembangan bersama dan produksi peralatan pertahanan.

Aliansi pertahanan Amerika Serikat-Jepang dicurigai akan menjalin kerjasama pengembangan Rudal Udara-ke-Udara Jarak Menengah Tingkat Lanjut (AMRAAM) dan Peningkatan Segmen Rudal Patriot PAC-3 (MSE), sebuah rudal pencegat pertahanan udara.

Penyediaan peralatan pertahanan udara AS ke wilayah lainnya di Eropa, Australia, Filipina, dan terutama Korea Selatan, yang secara historis memiliki hubungan dingin dengan Jepang karena sejarah kolonial Jepang.

Ini adalah langkah terbaru yang diambil AS untuk mengintegrasikan mitra-mitranya di kawasan, memperkuat kerja sama, dan menggagalkan upaya Tiongkok untuk mengisolasi dan memaksa sekutu AS.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas