Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Curiga, Bom di Tel Aviv Bukan dari Pejuang Hamas, Meski Hamas Mengaku Pihak Bertanggung Jawab

Karena kompleksitas bom yang digunakan, menimbulkan kecurigaan Israel terhadap pelaku pengeboman di Tel Aviv.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Curiga, Bom di Tel Aviv Bukan dari Pejuang Hamas, Meski Hamas Mengaku Pihak Bertanggung Jawab
khaberni
Lansiran keterangan Polisi Israel soal terduga pelaku pengeboman di Tel Aviv, Minggu (18/8/2024). Polisi Israel menyatakan, terduga pelaku datang dari Nablus, Tepi Barat. 

Israel Curiga, Bom di Tel Aviv Bukan dari Pejuang Hamas, Meski Hamas Bertanggung Jawab

TRIBUNNEWS.COM- Karena kompleksitas bom yang digunakan, menimbulkan kecurigaan Israel terhadap pelaku pengeboman di Tel Aviv.

Polisi Israel dan Dinas Keamanan Dalam Negeri Israel mengatakan bahwa Iran dan Hizbullah mungkin berada di balik serangan yang terjadi di Tel Aviv.

Hamas mengatakan pihaknya dan Jihad Islam memerintahkan serangan tersebut, namun pihak berwenang Israel tidak yakin akan hal ini.

Dengan berdasarkan pada kompleksitas bom yang digunakan.

Media Israel melaporkan pada hari Senin bahwa pasukan keamanan sedang menyelidiki kemungkinan bahwa Iran dan proksinya di Lebanon, Hizbullah, terkait dengan upaya pemboman yang terjadi di Tel Aviv pada hari Minggu.

Polisi dan Badan Keamanan Dalam Negeri mengatakan bahwa penyerang, seorang warga Nablus di Tepi Barat, mungkin telah menerima arahan dari Iran atau Hizbullah.

BERITA TERKAIT

Kepala Polisi Distrik Tel Aviv Peretz Amar mengatakan dalam konferensi pers:
“Kemungkinan besar bom tersebut dibuat di Tepi Barat. Bom tersebut berukuran besar dan sangat penting, dan jika tidak meledak di luar, maka akan melukai banyak orang,” katanya.

Menurut Channel 12 Israel, pelaku berjalan sekitar satu kilometer di selatan Tel Aviv sebelum alat peledak seberat 8 kilogram di tasnya meledak di daerah sepi, menewaskannya dan melukai orang lain.

Dia menambahkan, tersangka difoto membawa ransel dan pakaian panjang sesaat sebelum ledakan.

Operasi tersebut terjadi tak lama setelah Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken tiba di Tel Aviv untuk membahas gencatan senjata dalam perang yang sedang berlangsung yang telah dilancarkan Israel di Jalur Gaza selama lebih dari sepuluh tahun.

Iran dan Hizbullah telah mengancam selama berminggu-minggu untuk menanggapi pembunuhan pemimpin biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran dan pembunuhan pemimpin Hizbullah Fouad Shukr.

Satu Orang Tewas dan Satu Terluka Setelah Bom Meledak di Jalan Lahi di Tel Aviv, Kata Polisi Israel

Satu orang tewas setelah bom meledak di Tel Aviv, kata polisi Israel.

Petugas dipanggil setelah menerima laporan adanya ledakan di Jalan Lahi di Tel Aviv pada Minggu malam, yang menewaskan satu orang dan melukai orang lainnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas