Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Merilis Pernyataan Terkait Pembicaraan Gencatan Senjata, Ini Klarifikasi & Daftar Poin Utama

Hamas mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa mengenai negosiasi gencatan senjata Gaza. Posisi Hamas terungkap menyusul klaim Menteri Luar Negeri AS.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Hamas Merilis Pernyataan Terkait Pembicaraan Gencatan Senjata, Ini Klarifikasi & Daftar Poin Utama
RODGER BOSCH / AFP
(LR):Basem Naim, seorang pemimpin Hamas yang merupakan mantan menteri kesehatan Gaza dan Khaled Qaddoumi, perwakilan Hamas di Iran, berbicara dalam konferensi pers di Cape Town pada tanggal 29 November. Ribuan warga sipil, baik warga Palestina maupun Israel, telah tewas sejak 7 Oktober 2023, setelah militan Hamas Palestina yang bermarkas di Jalur Gaza memasuki Israel selatan dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memicu perang yang dideklarasikan oleh Israel terhadap Hamas dengan pemboman balasan di Gaza. RODGER BOSCH / AFP 

Hamas Merilis Pernyataan Tentang Pembicaraan Gencatan Senjata, Ini Daftar Poin-poin Utama

TRIBUNNEWS.COM- Gerakan Perlawanan Palestina Hamas mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa mengenai negosiasi gencatan senjata Gaza.

Posisi Hamas terungkap menyusul klaim Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima proposal baru AS.




Hanya beberapa jam setelah pengumuman Blinken, Netanyahu kembali menegaskan kembali persyaratan sebelumnya, menegaskan bahwa perang di Gaza tidak akan berhenti.

Hamas mengonfirmasi pada hari Selasa dalam klarifikasi, yang salinannya diperoleh Al-Jazeera, komitmennya dan kesiapan segera untuk melaksanakan apa yang disepakatinya pada tanggal 2 Juli.

Apa yang disetujui Hamas saat itu didasarkan pada pidato Presiden AS Joe Biden dan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyusulnya.

Pernyataan terbaru Hamas dikeluarkan oleh Bassem Naim, seorang anggota senior biro politik gerakan tersebut.

BERITA TERKAIT

Disebutkan bahwa deklarasi Biden pada tanggal 31 Mei – yang pada dasarnya merupakan usulan Israel, menurut Presiden AS sendiri – dan Resolusi Dewan Keamanan 2735 tanggal 11 Juni menetapkan hal-hal berikut (sebagai bagian dari fase pertama dari tiga fase perjanjian gencatan senjata):

Gencatan senjata segera, lengkap, dan menyeluruh.

Penarikan pasukan Israel ke daerah perbatasan.

Pemulangan para pengungsi ke rumah mereka di seluruh wilayah Jalur Gaza tanpa syarat.

Akses yang memadai dan aman terhadap bantuan kemanusiaan dan perumahan sementara.

Kesepakatan pertukaran antara kedua pihak.

Negosiasi selama tahap pertama harus mengarah pada gencatan senjata permanen dan penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas