Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Faruq al-Qaddumi, Pendiri Gerakan Fatah Meninggal Dunia di Yordania

Faruq al-Qaddumi, salah satu pendiri Gerakan Fatah meninggal dunia di Amman, Yordania. Hamas dan PA mengucapkan belasungkawa.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Faruq al-Qaddumi, Pendiri Gerakan Fatah Meninggal Dunia di Yordania
X
Salah satu pendiri gerakan Fatah, Faruq al-Qaddumi, meninggal dunia di Amman, Yordania, pada Kamis (22/8/2024) sore waktu setempat. 

TRIBUNNEWS.COM - Gerakan Fatah di Tepi Barat berduka atas kematian Faruq al-Qaddumi (93), salah satu pendiri gerakan Fatah.

Faruq al-Qaddumi meninggal dunia di Amman, Yordania, pada Kamis (22/8/2024) sore waktu setempat.

“Abu Al-Lutf, salah satu pendiri Gerakan Pembebasan Nasional Palestina Fatah, meninggal setelah perjalanan panjang karena sakit," kata pernyataan pihak keluarga Faruq al-Qaddumi hari ini.

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mengucapkan salam perpisahan kepada rekannya tersebut.

"Saya berduka atas saudara, teman, dan kawan yang terlatih dalam perjuangan dan kerja tak kenal lelah untuk Palestina, yang dalam ketidakhadirannya telah kehilangan salah satu orang setia, pejuang setia, yang memberikan banyak hal untuk mengabdi pada Palestina," kata Mahmoud Abbas dalam pernyataannya hari ini, dikutip dari WAFA.

Hamas Ikut Berduka

Gerakan Hamas berduka atas kematian Faruq al-Qaddumi.

"Almarhum Abu Al-Lutf adalah contoh keteguhan dalam prinsip-prinsip revolusioner, dan suara yang kuat dalam menghadapi segala upaya untuk mengabaikan dan menyerahkan hak-hak rakyat kami," kata Hamas dalam pernyataannya.

BERITA TERKAIT

“Dia hidup sebagai pembela Palestina, berjuang melawan pendudukan, menolak semua proyek pemukiman dan likuidasi, terutama Perjanjian Oslo yang bernasib buruk, yang dia peringatkan sejak awal tentang bahayanya terhadap tujuan kita,” lanjutnya.

Hamas menegaskan, Faruq al-Qaddumi adalah salah satu pendukung setia perjuangan faksi perlawanan Palestina.

“Hari ini kita sedang menjalani perang genosida melawan rakyat kita di Gaza. Kami mengingat posisi kuat almarhum dan dukungannya yang terus-menerus terhadap pilihan perlawanan dan ketabahan," katanya.

"Kami menegaskan bahwa warisan perjuangannya akan tetap abadi di hati dan hati kami,” tambahnya, dikutip dari Al Mayadeen.

Baca juga: Siapakah Khalil al-Maqdah, Pejabat Fatah yang Tewas dalam Serangan Udara Israel di Saida?

Profil Singkat Faruq al-Qaddumi

Faruq al-Qaddumi juga dikenal sebagai Abu Al-Lutuf.

Ia lahir di desa Jinsafut di provinsi Qalqilya pada tahun 1931.

Faruq al-Qaddumi menempuh pendidikan dasar di sekolah Jinsafut dan sekolah Al-Manshiya di Kota Jaffa, serta sekolah menengah di Al-Amiriya di kota Jaffa, dan memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Universitas Amerika di Kairo pada tahun 1958.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas