Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala Intelijen Militer Israel Resign, Akui Serangan 7 Oktober sebagai Kegagalannya

Selama menyampaikan pidato pengunduran dirinya pada Rabu (21/8/2024), Haliva mengklaim serangan 7 Oktober sebagai kegagalannya membela Israel.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Kepala Intelijen Militer Israel Resign, Akui Serangan 7 Oktober sebagai Kegagalannya
The Times of Israel
Kepala intelijen militer pada Angkatan Bersenjata Israel (IDF) Aharon Haliva mengumumkan pamit dari kursi jabatannya lantaran gagal mencegah serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu. Selama menyampaikan pidato pengunduran dirinya pada Rabu (21/8/2024), Haliva mengklaim serangan 7 Oktober sebagai kegagalannya membela Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Intelijen Militer Israel, Mayor Jenderal Aharon Haliva yang telah mengajukan pengunduran dirinya sejak April kemarin, mengaku bertanggung jawab atas serangan 7 Oktober 2024.

Selama menyampaikan pidato pengunduran dirinya pada Rabu (21/8/2024), Haliva mengklaim serangan 7 Oktober sebagai kegagalannya membela Israel.

Haliva mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan April 2024 kemarin.




“Kegagalan korps intelijen adalah kesalahan saya,” kata Haliva dalam upacara pada hari Rabu (21/8/2024).

“Pada tanggal 7 Oktober, hari pahit yang saya pikul dalam hati nurani dan pundak saya, dan akan terus saya pikul sampai akhir hayat saya, kami tidak menjunjung tinggi kesucian sumpah kami,” lanjutnya.

Pengunduran dirinya diajukan setelah beberapa komandan senior Israel lainnya, termasuk Kepala Angkatan Bersenjata Israel Letnan Jenderal Herzi Halevi, dan Kepala Badan Intelijen Domestik Shin Bet, Ronen Bar mengakui kegagalan mereka dalam memprediksi dan mencegah serangan 7 Oktober.

Haliva adalah perwira senior pertama di tentara Israel yang mengundurkan diri sejak Halevi dan Bar tetap menduduki jabatan masing-masing.

BERITA TERKAIT

Ia juga menyerukan penyelidikan nasional untuk mempelajari dan “memahami secara mendalam” alasan yang menyebabkan perang antara Hamas dan Israel.

Seruan untuk penyelidikan dan peninjauan independen terhadap peristiwa 7 Oktober berjalan lambat karena perang yang sedang berlangsung, dan seringkali ditolak oleh para pemimpin Israel karena takut akan kritik. 

Secara luas diasumsikan bahwa tanggung jawab akhir atas kegagalan serangan 7 Oktober berada di tangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Serangan pada tanggal 7 Oktober, yang melibatkan ribuan pejuang Hamas dan kelompok lain yang menerobos penghalang keamanan Israel di sekitar Gaza.

Baca juga: Pemimpin Oposisi Israel Sambut Baik Pengunduran Diri Haliva, Minta Netanyahu juga Mundur dari PM

Eskalasi yang terjadi dini hari itu pun mengejutkan pasukan Israel.

Dan diklaim sangat mencoreng reputasi militer dan intelijen Israel, yang sebelumnya dianggap sebagai salah satu yang paling canggih. 

Awalnya diasumsikan bahwa 1.200 warga Israel dan warga asing tewas dalam serangan itu, sebagian besar dari mereka warga sipil.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas