Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasukan PA 'Bantu' Israel Sweeping Bom Rakitan Milisi Palestina, Brigade Al-Quds Kirim Ultimatum

pasukan keamanan Otoritas Palestina melancarkan operasi sweeping terhadap bom dan alat peledak yang diproduksi oleh faksi perlawanan di Tepi Barat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pasukan PA 'Bantu' Israel Sweeping Bom Rakitan Milisi Palestina, Brigade Al-Quds Kirim Ultimatum
khaberni/HO
Pasukan keamanan Otoritas Palestina menangkap seorang pemuda di Tepi Barat. Aksi penangkapan ini memicu bentrokan antara milisi Brigade Tulkarem, sayap militer Brigade Al-Quds dari PIJ dan pasukan keamanan Otoritas Palestina di wilayah Kegubernuran Tulkarem, Tepi Barat, Minggu (31/3/2024). 

Pasukan Otoritas Palestina 'Bantu' Israel Sweeping Bom Rakitan Milisi Palestina, Brigade Al Quds Kirim Ultimatum

TRIBUNNEWS.COM - Channel 12 Israel melaporkan kalau dalam beberapa hari terakhir, pasukan keamanan Otoritas Palestina melancarkan operasi sweeping terhadap bom dan alat peledak yang diproduksi oleh faksi perlawanan di Tepi Barat.

Operasi itu dilaporkan mampu menggagalkan puluhan peledak yang siap diledakkan.

"Sebanyak 15 alat peledak dihancurkan hanya di kota Jenin," tulis laporan Channel 12 dikutip dari Khaberni, Jumat (13/8/2024).

Baca juga: Israel Mau Pecah Gaza Berdasarkan Klan, Otoritas Suku Palestina: Rencana Adu Domba yang Menipu 

Aksi Pasukan Keamanan Otoritas Palestina dianggap sejumlah faksi milisi Perlawanan Palestina sebagai 'tindak persekutuan' dengan entitas pendudukan Israel.

Brigade Syuhada Al-Aqsa dan Brigade Kamp Al-Faraa, sayap militer yang terafiliasi gerakan Fatah, di Tubas telah memperingatkan beberapa hari lalu bahwa aparat keamanan Otoritas Palestina akan terus membongkar alat peledak mereka.

Friksi ini memperuncing perselisihan di antara kelompok dan gerakan Palestina terkait metode perlawanan terhadap pendudukan Israel.

BERITA TERKAIT

Fatah dan sejumlah gerakan lainnya menilai, perlawanan terhadap pendudukan Israel sebaiknya tidak dilakukan dengan cara-cara militer dan kekerasan yang hanya merugikan warga sipil. Diplomasi tanpa henti mereka anggap sebagai satu di antara cara utama melawan pendudukan Israel. 

Sebaliknya, Hamas, Palestine Islamic Jihad (PIJ) -dua kelompok utama besar di Palestina baik di Gaza dan Tepi Barat, memilih cara untuk angkat senjata, bahkan dengan batu sekali pun, untuk melawan penindasan pendudukan Israel di wilayah yang diduduki Zionis.

Pasukan Keamanan Otoritas Palestina (PA) melakukan tindakan represif terhadap demonstran Palestina yang menentang pendudukan Israel di Tepi Barat.
Pasukan Keamanan Otoritas Palestina (PA) melakukan tindakan represif terhadap demonstran Palestina yang menentang pendudukan Israel di Tepi Barat. (tangkap layar BBC)

Hamas Anggap PA Dukung Tujuan Israel

Hamas mengkritik Otoritas Palestina dan Fatah karena menilai keduanya mendukung tujuan entitas pendudukan Israel.

Hamas menuduh pasukan keamanan Otoritas Palestina (PA) bekerja sama dengan pendudukan Israel dan merusak persatuan dan perlawanan Palestina, tulis RNTV dalam laporannya, Kamis (15/8/2024).

Baca juga: Penyerbuan Besar-besaran Israel di Tepi Barat: Bawa Buldoser Militer, Jenin Sampai Ramallah Membara

Gerakan tersebut mengkritik pasukan keamanan PA di Tepi Barat atas upaya berkelanjutan mereka untuk menangkap pejuang perlawanan, menyita senjata mereka, dan membongkar alat peledak yang disiapkan untuk menyerang pasukan Israel (IDF).

"Hamas menggambarkan tindakan ini sebagai tindakan yang sejalan dengan kepentingan pendudukan Israel," kata laporan tersebut.

Hamas berpendapat, kalau manuver pasukan keamanan PA dan gerakan Fatah tersebut bertentangan dengan peran yang dimaksudkan dari pasukan keamanan ini.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas