Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesawat Mata-mata AS Terdeteksi Terbang di Dekat Perbatasan Rusia, Ada Apa?

Pesawat tersebut, yang dikerahkan ke Inggris sejak 18 Agustus, berangkat dari pangkalan udara Mildenhall di Inggris timur.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pesawat Mata-mata AS Terdeteksi Terbang di Dekat Perbatasan Rusia, Ada Apa?
Sputnik News
FOTO FILE: Pesawat mata-mata Global Hawk milik AS 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sebuah pesawat pengintai milik Amerika Serikat (AS) yang mengkhususkan diri dalam intelijen sinyal melakukan penerbangan mata-mata keduanya sejak mencapai Eropa minggu lalu.

Pada Senin (25/8/2024), pesawat pengintai itu terdeteksi terbang di dekat perbatasan barat Rusia.

Penerbangan RC-135U Angkatan Udara AS berlangsung sekitar sembilan setengah jam, menurut data yang diperoleh pada hari Senin oleh layanan pelacakan pesawat Flightradar24.




Pesawat tersebut, yang dikerahkan ke Inggris sejak 18 Agustus, berangkat dari pangkalan udara Mildenhall di Inggris timur.

Selama penerbangan keduanya di Eropa, pesawat yang dikenal sebagai "Combat Sent" itu terbang ke arah timur setelah lepas landas dan transit di atas Belanda, Jerman, dan Polandia.

Pesawat itu melanjutkan penerbangan mata-matanya dengan terbang di atas Lithuania, Latvia, dan Estonia sebelum menyeberangi Teluk Finlandia dan mencapai Finlandia.

Menurut Angkatan Udara, pesawat ini  dapat menemukan dan mengidentifikasi sinyal radar darat, laut, dan udara milik militer asing.

BERITA TERKAIT

Informasi yang diperoleh dari data tersebut akan membantu menentukan karakteristik operasi dan kemampuan sistem asing secara terperinci.

Peta Newsweek, yang menampilkan Waktu Universal Terkoordinasi atau UTC, menelusuri jalur penerbangan pesawat di Finlandia timur  yang berbatasan dengan Rusia.

Pesawat itu berputar-putar di atas wilayah Finlandia beberapa kali sebelum kembali ke pangkalan sementaranya di Mildenhall. Selama penerbangan kembali, pesawat itu terbang langsung di atas Laut Baltik .

Pesawat mata-mata Amerika itu melewati Kaliningrad Rusia, yang diapit oleh Polandia dan Lithuania, sebanyak dua kali pada hari Senin.

Wilayah itu telah berada di bawah Distrik Militer Leningrad Rusia sejak Maret sebagai tanggapan atas bergabungnya Finlandia dan Swedia ke NATO .

Pada hari Selasa, pesawat yang sama terbang dan berputar-putar di atas perairan di lepas pantai Kaliningrad.

Menurut data pelacakan penerbangan, ini adalah yang ketiga di Eropa dan berlangsung selama lebih dari lima jam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas