Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Hizbullah Menunjukkan Israel Telah Kehilangan Daya Tangkalnya Meski Didukung AS, Kata Iran

Iran mengatakan, serangan Hizbullah menunjukkan Israel kehilangan daya tangkalnya

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Serangan Hizbullah Menunjukkan Israel Telah Kehilangan Daya Tangkalnya Meski Didukung AS, Kata Iran
Nasser Kanaani
Nasser Kanaani, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran 

Serangan Hizbullah Menunjukkan Israel Telah Kehilangan Daya Tangkalnya Meski Didukung AS, Kata Iran

TRIBUNNEWS.COM- Iran mengatakan, serangan Hizbullah menunjukkan Israel kehilangan daya tangkalnya

Israel telah kehilangan kekuatannya untuk mencegah serangan dan keseimbangan strategis di kawasan telah bergeser merugikannya, kata Iran setelah serangan oleh Hizbullah Lebanon, Reuters melaporkan.




Hizbullah meluncurkan ratusan roket dan pesawat tak berawak ke Israel kemarin pagi, sementara militer Israel mengatakan telah menyerang Lebanon dengan sekitar 100 jet untuk menggagalkan serangan yang lebih besar, dalam salah satu bentrokan terbesar dalam lebih dari sepuluh bulan perang perbatasan.

"Meskipun mendapat dukungan menyeluruh dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Israel tidak dapat memperkirakan waktu dan tempat respons terbatas dan terkendali oleh perlawanan. Israel telah kehilangan kekuatan pencegahannya," tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani di X.

Kanaani menambahkan bahwa Israel “sekarang harus mempertahankan diri di wilayah pendudukannya” dan bahwa “keseimbangan strategis telah mengalami perubahan mendasar” yang merugikan Israel.

“Israel mungkin dapat menyembunyikan, memutarbalikkan, atau menyensor sejumlah fakta terkait operasi Arbain Hizbullah, namun mereka tahu betul bahwa fakta-fakta yang ada tidak akan berubah,” imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengatakan serangan kelompok itu, yang merupakan balasan atas pembunuhan komandan senior Fuad Shukr bulan lalu, telah selesai "sesuai rencana". Dengan tiga kematian yang dikonfirmasi di Lebanon dan satu di Israel setelah pertukaran pada hari Minggu, kedua belah pihak mengindikasikan bahwa mereka senang untuk menghindari eskalasi lebih lanjut untuk saat ini, tetapi memperingatkan bahwa mungkin ada lebih banyak serangan yang akan datang.

Hizbullah dan Israel telah saling tembak setiap hari sejak 8 Oktober 2023, satu hari setelah pecahnya perang yang menghancurkan di Gaza.


Meski Dapat Dukungan Penuh dari Amerika Serikat, Israel Tidak Dapat Memperkirakan Waktu dan Tempat Pembalasan Hizbullah

Iran mengatakan pada hari Senin bahwa Israel telah kehilangan kekuatannya untuk mencegah dan bahwa keseimbangan strategis di kawasan telah bergeser melawannya, menyusul serangan oleh kelompok bersenjata Lebanon, Hizbullah.

Hizbullah meluncurkan ratusan roket dan pesawat tak berawak ke Israel pada Minggu pagi, sementara militer Israel mengatakan telah menyerang Lebanon dengan sekitar 100 jet untuk menggagalkan serangan yang lebih besar, dalam salah satu bentrokan terbesar dalam lebih dari 10 bulan perang perbatasan.

"Meskipun mendapat dukungan penuh dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Israel tidak dapat memperkirakan waktu dan tempat respons terbatas dan terkendali oleh kelompok perlawanan. Israel telah kehilangan kekuatan pencegahannya," tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani di X.

Kanaani menambahkan bahwa Israel "sekarang harus mempertahankan diri di wilayah pendudukannya" dan bahwa "keseimbangan strategis telah mengalami perubahan mendasar" yang merugikan Israel.

Setiap tumpahan besar dalam pertempuran, yang dimulai bersamaan dengan perang di Gaza, berisiko berubah menjadi konflik regional yang melibatkan Iran, pendukung Hizbullah, dan Amerika Serikat, sekutu utama Israel.

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengatakan serangan kelompok itu, yang merupakan balasan atas pembunuhan komandan senior Fuad Shukr bulan lalu, telah selesai "sesuai rencana".

Dengan tiga kematian yang dikonfirmasi di Lebanon dan satu di Israel setelah pertukaran senjata hari Minggu, kedua belah pihak mengindikasikan mereka senang untuk menghindari eskalasi lebih lanjut untuk saat ini, tetapi memperingatkan bahwa mungkin ada lebih banyak serangan yang akan datang.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR, REUTERS

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas