Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sulit Temui Titik Temu di Perundingan Gaza, Yahya Sinwar Ingin Begini, Tuntutan Netanyahu Beda Jauh

Sulit untuk menemui titik temu perundingan Gencatan Senjata, ini yang diinginkan Benjamin Netanyahu, dan Ini yang diinginkan Yahya Sinwar.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Sulit Temui Titik Temu di Perundingan Gaza, Yahya Sinwar Ingin Begini, Tuntutan Netanyahu Beda Jauh
Kolase Tribunnews.com/AFP
Pimpinan Hamas, Yahya Sinwar dan Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu. 

Sulit Temui Titik Temu Perundingan, Ini yang Diinginkan Netanyahu, dan Ini yang Diinginkan Yahya Sinwar

TRIBUNNEWS.COM- Sulit untuk menemui titik temu perundingan Gencatan Senjata, ini yang diinginkan Benjamin Netanyahu, dan Ini yang diinginkan Yahya Sinwar.

Kunci untuk mengakhiri perang Gaza...perjanjian tersebut menjebak “dua musuh bebuyutan”




Gelombang terakhir perundingan gencatan senjata di Gaza, perbedaan pendapat mengenai poin-poin penting dan seruan kini menjadi hal biasa di seluruh dunia, namun hal ini mengaburkan kenyataan suram mengenai upaya berbulan-bulan untuk mengakhiri perang antara Israel dan Hamas dan membebaskan para sandera.

Setiap perjanjian memerlukan tanda tangan dua orang: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Mereka adalah musuh bebuyutan dan negosiator yang sangat ketat, mereka tahu betul bahwa hasil pembicaraan akan dicatat secara mendalam dalam sejarah mereka, dan dalam kasus Sinwar, ini bisa berarti hidup atau mati.

Keduanya mempunyai insentif yang kuat untuk mengakhiri perang, namun keduanya percaya bahwa mereka akan mendapat manfaat jika bertahan lebih lama, dan bahwa perang lebih baik daripada mencapai kesepakatan yang tidak memenuhi tuntutan mereka.


Apa yang Diinginkan Benjamin Netanyahu?

BERITA TERKAIT

Netanyahu menjanjikan "kemenangan total" atas Hamas dan pengembalian semua sandera yang disandera dari Gaza , dua tujuan yang diyakini banyak orang tidak sejalan.

Netanyahu berada di bawah tekanan besar dari keluarga para sandera dan sebagian besar warga Israel untuk mencapai kesepakatan memulangkan para sandera, bahkan jika itu berarti kehadiran Hamas akan terus berlanjut.

Sebaliknya, Washington, yang telah memberikan bantuan militer dan dukungan diplomatik yang signifikan kepada Israel, mendesak untuk mencapai kesepakatan tersebut.

Namun koalisi berkuasa yang dipimpin oleh Netanyahu bergantung pada menteri-menteri sayap kanan yang ingin menduduki kembali Gaza secara permanen, dan mengancam akan menggulingkan pemerintah jika Netanyahu memberikan konsesi besar.

Jika pemerintah jatuh, pemilihan umum awal akan diadakan, di mana Netanyahu mungkin terpaksa melepaskan kekuasaannya saat dia diadili atas tuduhan korupsi.

Hal ini juga akan mempercepat pertanggungjawaban atas kegagalan keamanan seputar serangan 7 Oktober, ketika kelompok bersenjata pimpinan Hamas membunuh sekitar 1.200 orang di Israel selatan dan menyandera sekitar 250 lainnya.

Netanyahu menolak seruan untuk melakukan penyelidikan atas kegagalan ini sampai perang berakhir.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas