Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mesir Mengutuk Serangan Israel kepada Warga Palestina di Kota-kota di Tepi Barat Utara

Mesir, pada hari Rabu, mengutuk operasi militer Israel di kota-kota Tepi Barat utara, yang menyebabkan tewasnya 10 warga Palestina.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Mesir Mengutuk Serangan Israel kepada Warga Palestina di Kota-kota di Tepi Barat Utara
AFP/RONALDO SCHEMIDT
Tentara Israel berhenti dan memeriksa ambulans selama penggerebekan di Jenin, Tepi Barat yang diduduki, pada 28 Agustus 2024. - Sedikitnya 10 warga Palestina tewas dalam penggerebekan dan serangan Israel di beberapa kota di utara Tepi Barat yang diduduki, kata juru bicara Bulan Sabit Merah pada 28 Agustus. Operasi itu dilakukan dua hari setelah Israel mengatakan telah melancarkan serangan udara di Tepi Barat yang menurut Otoritas Palestina menewaskan lima orang. (Photo by RONALDO SCHEMIDT / AFP) 

Mesir Mengutuk Serangan Israel kepada Warga Palestina di Kota-kota di Tepi Barat Utara

TRIBUNNEWS.COM- Mesir, pada hari Rabu, mengutuk operasi militer Israel di kota-kota Tepi Barat utara, yang menyebabkan tewasnya 10 warga Palestina, Anadolu Agency melaporkan.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan pihaknya menganggap serangan Israel terhadap warga sipil Palestina di kota-kota Tepi Barat sebagai “kelanjutan pelanggaran sistematis terhadap hukum internasional, hukum humaniter internasional, dan empat Konvensi Jenewa yang melindungi hak-hak masyarakat yang berada di bawah pendudukan.”




“Mesir melihat tindakan ini sebagai eskalasi yang disengaja dan perluasan konfrontasi di dalam wilayah Palestina,” kata pernyataan itu.

Ia menyerukan “sikap internasional yang bersatu dan efektif untuk memberikan perlindungan bagi rakyat Palestina dan mengakhiri penargetan warga sipil tak bersenjata, penerapan pembatasan, dan perampasan hak milik pribadi.”

Mesir juga memperingatkan tentang “konsekuensi berat” yang diharapkan dari operasi Israel yang sedang berlangsung.

Sebelumnya, tentara Israel melancarkan operasi militer besar di Tepi Barat utara, yang terbesar dalam dua dekade.

BERITA TERKAIT

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengatakan operasi militer tersebut mencakup “evakuasi sementara penduduk Palestina” dari wilayah di Tepi Barat utara.

Setidaknya sepuluh warga Palestina telah terbunuh sejak dimulainya operasi, menurut angka terbaru yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan.

Ketegangan meningkat di Tepi Barat yang diduduki di tengah serangan brutal Israel di Jalur Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.500 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, sejak 7 Oktober 2023.

Setidaknya 660 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 5.400 lainnya terluka di Wilayah Pendudukan, menurut angka Palestina.

Dalam pendapat penting pada tanggal 19 Juli, Mahkamah Internasional menyatakan pendudukan Israel selama puluhan tahun di tanah Palestina adalah melanggar hukum dan menuntut evakuasi semua pemukiman yang ada di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.


Eskalasi yang disengaja

Mesir mengutuk operasi militer Israel di kota-kota Tepi Barat utara

Kementerian Luar Negeri menilai tindakan ini sebagai 'eskalasi yang disengaja, perluasan konfrontasi di wilayah Palestina'

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas