Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Pemilu Regional Jerman: Bagaimana Populisme Kiri Unggul di Timur

Partai baru Aliansi Sahra Wagenknecht, BSW, diprediksi akan panen suara dalam pemilu di Jerman Timur. Bagaimana partai antikapitalis…

zoom-in Pemilu Regional Jerman: Bagaimana Populisme Kiri Unggul di Timur
Deutsche Welle
Pemilu Regional Jerman: Bagaimana Populisme Kiri Unggul di Timur 

Sahra Wagenknecht, salah satu tokoh politik paling kontroversial di Jerman, melesat dalam jajak pendapat menjelang pemilihan negara bagian, meskipun namanya tidak tercantum dalam surat suara.

Aliansi Sahra Wagenknecht, BSW, saat ini unggul dalam jajak pendapat dibandingkan partai-partai yang membentuk pemerintahan koalisi Kanselir Olaf Scholz.

BSW didirikan oleh mantan kader Partai Kiri yang membelot.

Dengan mengusung campuran unik antara kebijakan ekonomi sayap kiri dan retorika antimigrasi, BSW diyakini akan ikut berperan dalam pembentukan pemerintahan baru di negara bagian Thüringen dan Sachsen, pada pemilu tanggal 1 September.

Di kedua negara bagian tersebut, partai populis kanan Alternatif untuk Jerman, AfD, memimpin dalam jajak pendapat dengan lebih dari 30 persen.

Semua partai politik di Jerman telah bersepakat untuk tidak bekerja sama dengan AfD karena dianggap berhaluan antidemokrasi.

Gerakan kiri baru

Lantas bagaimana ideologi politik Aliansi Sahara Wagenknecht yang dulu menggawangi kubu antikapitalis dan komunis di Partai Kiri?

BERITA TERKAIT

Pada bulan Juli, Wagenknecht menggambarkan posisi partainya kepada surat kabar taz.

"Saya percaya bahwa kami hanya mewakili dan mewujudkan apa yang tidak lagi diperjuangkan oleh banyak partai: konservatisme yang tercerahkan dalam arti melestarikan tradisi, keamanan di jalan-jalan dan di tempat-tempat umum, tetapi juga pekerjaan, perawatan kesehatan, dan pensiun. Kebutuhan akan keamanan, perdamaian, dan keadilan telah menemukan rumah politik baru bersama kami," kata dia.

BSW mengajukan manifesto yang menurut para analis politik belum pernah ada di Jerman sebelumnya.

"Program BSW ditujukan kepada orang-orang yang di satu sisi memiliki posisi sayap kiri secara ekonomi, tetapi memiliki pandangan politik yang lebih konservatif," kata Daniel Seikel, peneliti di Hans Böckler Foundation, yang menerbitkan analisis pendukung BSW pada bulan Juni.

"Teori ini menjelaskan sampai batas tertentu mengapa BSW begitu populer di kalangan orang-orang yang memilih AfD dan Partai Kiri sebelumnya."

Jajak pendapat di Jerman timur menunjukkan bahwa dukungan elektoral untuk partai lama Wagenknecht, Partai Kiri, anjlok setelah munculnya BSW.

Penelitian Daniel Seikel belum lama ini menyimpulkan, kelompok terbesar pendukung BSW di Jerman timur adalah penduduk yang sebelumnya memilih Partai Sosial Demokrat, SPD, yang berhaluan kiri-tengah pada pemilu terakhir.

Populis, bukan ekstremis

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas