Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Gaza Disetop, WHO Percepat Pengiriman 1,2 Juta Dosis Vaksin Polio Untuk Anak Palestina

WHO berjanji akan memperpecepat pengiriman 1,2 juta dosis vaksin polio ke Gaza untuk 40 ribu anak Palestina.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Perang Gaza Disetop, WHO Percepat Pengiriman 1,2 Juta Dosis Vaksin Polio Untuk Anak Palestina
Rizwan TABASSUM / AFP
WHO berjanji akan memperpecepat pengiriman 1,2 juta dosis vaksin polio ke Gaza untuk memvaksinasi 640.000 anak di bawah usia 10 tahun. 

TRIBUNNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berjanji akan memperpecepat pengiriman 1,2 juta dosis vaksin polio ke Gaza untuk 640 ribu anak Palestina.

Pengiriman vaksin ini kabarnya bakal dilakukan WHO mulai akhir pekan ini, diikuti dengan gencatan senjata selama tiga hari yang di gelar tentara IDF di beberapa wilayah di Gaza.

“Seperti komitmen awal Israel yang mengizinkan jeda kemanusiaan sementara di Gaza, kami akan mendistribusikan vaksin polio untuk mengatasi memburuknya penyebaran penyakit dan wabah di seluruh jalur yang terkepung itu,” jelas Rik Peeperkorn, perwakilan WHO di wilayah Palestina.




"Saya tidak akan mengatakan ini adalah cara yang ideal untuk maju. Ini akan terjadi dan seharusnya terjadi karena kita sudah sepakat," imbuhnya.

Mengutip dari Al Jazeera, Peeperkorn mengatakan kampanye tersebut akan bertujuan untuk memvaksinasi 640.000 anak di bawah usia 10 tahun.

Rencananya vaksinasi polio akan dimulai di Gaza bagian tengah, lalu mereka akan pindah ke Gaza bagian selatan selama tiga hari dan kemudian ke Gaza bagian utara selama tiga hari.

WHO mengatakan bahwa mereka telah diberi jaminan oleh otoritas Israel untuk menyuntikkan vaksin sebanyak yang mereka butuhkan dalam tiga hari dan akan diberi satu hari tambahan di masing-masing tempat tersebut.

BERITA TERKAIT

"Sangat penting bagi kita untuk melaksanakan vaksinasi ini sesegera mungkin, karena dampaknya akan sangat buruk bagi anak-anak di Gaza," kata Peeperkorn.

Hamas Dukung Rencana WHO

Merespon rencana pengiriman vaksin Polio, Kelompok Palestina Hamas mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pihaknya menyambut baik berita tersebut.

Baca juga: Krisis Kesehatan di Gaza, Kasus Polio Pertama dalam 25 Tahun Menyerang Bayi 10 Bulan

Hamas berjanji dan bekerja sama dengan organisasi internasional untuk membantu memfasilitasi keberhasilan kampanye tersebut.

"Kami siap bekerja sama dengan organisasi internasional untuk mengamankan kampanye yang melayani dan melindungi lebih dari 650.000 anak-anak Palestina di Jalur Gaza," ujar Basem Naim, salah satu senior Hamas.

Polio Picu Kelumpuhan Massal di Gaza

Langkah ini dilakukan lantaran selama agresi Israel, cakupan vaksin polio di Gaza turun menjadi sekitar 80 persen.

Padahal butuh cakupan lebih dari 90 persen untuk menghentikan wabah Polio yang telah menyebar luas di Palestina.

Tercatat, dari setiap 200 kasus infeksi satu di antaranya dapat mengalami kelumpuhan yang tidak dapat disembuhkan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas