Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Novogrodovka Jatuh Tanpa Perlawanan, Benteng Terakhir di Barat Donetsk Diprediksi Takluk Bulan Ini

Jalan ini menghubungan Pokrovsk dan Kostiantynivka, wilayah yang strategis karena menjadi persimpangan kereta api dengan jalan raya.

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Novogrodovka Jatuh Tanpa Perlawanan, Benteng Terakhir di Barat Donetsk Diprediksi Takluk Bulan Ini
Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina
Pasukan Ukraina di Donetsk 

TRIBUNNEWS.COM -- Pasukan Rusia terus merangsek di wilayah Donetsk bagian barat. Mereka berusaha menguasai Pokrovsk dengan menggelar serangan di jalan raya T0504.

Jalan ini menghubungan Pokrovsk dan Kostiantynivka, wilayah yang strategis karena menjadi persimpangan kereta api dengan jalan raya.

Prokrovsk merupakan benteng Ukraina paling barat dan terkuat di Donetsk. Lokasinya di persimpangan jalan raya dan relkereta menjadi andalan militer Ukraina untuk menyalurkan senjata, logstik dan pasukan ke garis depan di seluruh Oblast Donetsk.

Baca juga: Dipancing Ukraina Agar Pindahkan Pasukan dari Donetsk, Rusia Malah Kirim Tentara Bayaran ke Kursk




Artinya jika Pokrovsk dikuasai, maka perlawanan di wilayah lain di Donetsk akan semakin mudah dipadamkan oleh Rusia. Pasokan logistik dan tentara akan berhenti, tentara Ukraina bakalan kehilangan senjata dan makanan di wilayah timur di Donetsk.

Dan kini, militer Rusia semakin mudah menyerang ke wilayah itu karena pasukan elit Ukraina sudah tidak berada di lokasi tersebut.

Mereka dikirim di Kursk, wilayah Rusia, setelah menjalankan misi sang Presiden Volodymyr Zelensky untuk menguasai wilayah perbatasan di Rusia itu.

Media asal Inggris The Telegraph memperkirakan bulan ini wilayah itu akan jatuh ke tangan Rusia.

BERITA TERKAIT

Rusia mengambil keuntungan setelah Ukraina menguasai Kursk dengan semakin menggempur wilayah Donesk yang sudah tidak dikawal oleh pasukan elit mereka.

Komandan unit pengintaian udara Ukraina yang bertempur di dekat Pokrovsk mengatakan bafru kali ini Ruia bergerak secepat itu.

"Saya belum pernah melihat kecepatan seperti itu. Kemungkinan Rusia bisa menguasai Pokrosk dua minggu lagi," kata komandan yang enggan disebut namanya dikutip Minggu (1/9/2024).

Baca juga: Polandia Menolak Permintaan Ukraina Tembak Jatuh Rudal Rusia

Dengan keterbatasan yang dimiliki Kiev, komandan tersebut mengatakan, pasukan Ukraina jadi bulan-bulanan musuh yang jumlah dan persenjataannya lebih lengkap.

"Dan masalah kita sama: kita tidak memiliki infanteri, kita tidak memiliki cukup artileri atau peluru. Kita tidak memiliki cukup drone. Musuh telah mengerahkan unit perang elektronik yang kuat, jadi terkadang kita harus meluncurkan 10, 12, 15 hanya untuk menghancurkan satu tank," tambahnya.

Kerena cepatnya, ia memperkirakan Rusia akan menguasai Pokrovsk pada pertengahan September.

Hal sama juga diungkapkan oleh Pusat Strategi Pertahanan Ukraina yang memperkirakan dua pekan lagi Pokrosk bakal jatuh.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas