Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
BBC

Paralimpiade 2024: Indonesia raih medali pertama dari cabor para atletik, bagaimana kans cabor lain?

Indonesia meraih medali pertama dalam Paralimpiade 2024 setelah Saptoyogo Purnomo berhasil meraih medali perak pada cabang olahraga…

zoom-in Paralimpiade 2024: Indonesia raih medali pertama dari cabor para atletik, bagaimana kans cabor lain?
BBC Indonesia
Paralimpiade 2024: Indonesia raih medali pertama dari cabor para atletik, bagaimana kans cabor lain? 

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebelumnya sempat menargetkan dua emas dalam Paralimpiade 2024, tetapi perkembangan terbaru membuat target turun menjadi satu emas. Mengapa demikian?

Indonesia meraih medali pertama Paralimpiade 2024 setelah Saptoyogo Purnomo berhasil menyabet medali perak pada cabang olahraga para atletik.

Dia tampil di nomor lari 100 meter T37 dan menyelesaikan perlombaan dengan waktu 11,26 detik.

Saptoyogo sempat memimpin lebih dulu, namun di pertengahan disusul oleh Ricardo Gomes de Mendonca dari Brasil. Ricardo, yang meraih medali emas, menjadi tercepat dengan waktu 11,07 detik.

Ajang ini berlangsung di Stade de France Saint-Denis, Perancis, Jumat (30/08) atau Sabtu (31/08) dini hari pukul 01.00 WIB.

Saptoyogo memperbaiki pencapaiannya empat tahun silam saat tampil di Paralimpiade Tokyo 2020. Dia merebut medali perunggu di nomor yang sama.

Perhelatan Paralimpiade Tokyo 2020 menjadi ajang pembuktian atlet-atlet Indonesia dengan torehan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. Raihan itu lebih baik dibandingkan pencapaian Indonesia pada Paralimpiade Rio 2016, ketika Indonesia “hanya” memperoleh satu perunggu.

BERITA TERKAIT

Bagaimana dengan Paralimpiade Paris 2024?

Laga atlet penyandang disabilitas

Setelah Olimpiade Paris ditutup beberapa waktu lalu, giliran atlet-atlet penyandang disabilitas berlaga di Paralimpiade 2024. Paris menjadi tuan rumah Paralimpiade musim panas untuk pertama kalinya pada 2024.

Bagi Prancis, ini adalah kedua kalinya mereka menjadi tuan rumah pertarungan tertinggi para atlet penyandang disabilitas setelah Tignes dan Albertville berbarengan menjamu Paralimpiade musim dingin 1992.

Setidaknya 4.400 atlet dari seluruh dunia akan berpartisipasi dalam 22 cabang olahraga di Paris.

Paralimpiade Tokyo terpaksa dijadwalkan ulang menjadi 2021 dan diadakan secara tertutup akibat Covid-19. Pada Paralimpiade Paris 2024, para penonton dapat dengan gegap gempita menyuarakan dukungan terhadap atlet-atlet kebanggaan mereka.

Dibuka dengan upacara penyambutan pada Rabu (28/08) waktu setempat, sejumlah atlet bersaing demi merebut 22 emas pada Kamis (29/08) yang menjadi hari pertama kompetisi. Secara total, ada 549 medali emas yang diperebutkan dalam paralimpiade kali ini.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas