Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lagi, FIFA Tunda Keputusan Beri Sanksi Timnas Israel Dilarang Tampil di Sepak Bola Internasional

Setidaknya 297 pemain sepak bola termasuk di antara 410 atlet Palestina yang diketahui telah dibunuh oleh Israel selama setahun terakhir.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Lagi, FIFA Tunda Keputusan Beri Sanksi Timnas Israel Dilarang Tampil di Sepak Bola Internasional
James Gill – Danehouse/Getty Images
Para pengunjuk rasa mengangkat tanda yang meminta FIFA mencoret Israel dari keanggotaan FIFA, aksi ini terjadi di Stadion di Stadion Etihad pada 17 Februari 2024. 

Lagi, FIFA Tunda Keputusan Beri Sanksi Timnas Israel Dilarang Tampil di Sepak Bola Internasional

TRIBUNNEWS- FIFA tunda keputusan tentang penangguhan tim nasional Israel dari sepak bola internasional

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah memutuskan sekali lagi untuk menunda keputusannya terkait permintaan Asosiasi Sepak Bola Palestina untuk melarang tim nasional Israel dari kompetisi internasional karena perang genosida oleh Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza dan pembantaian warga Palestina sejak Oktober lalu.




Setidaknya 297 pemain sepak bola termasuk di antara 410 atlet Palestina yang diketahui telah dibunuh oleh Israel selama setahun terakhir.

“FIFA telah menerima penilaian hukum independen atas usulan Asosiasi Sepak Bola Palestina terhadap Asosiasi Sepak Bola Israel,” kata FIFA pada X. “Penilaian ini akan dikirim ke Dewan FIFA untuk ditinjau agar masalah tersebut dapat dibahas pada pertemuan berikutnya, yang akan berlangsung pada bulan Oktober. FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada kedua asosiasi anggota atas dukungan dan kerja sama mereka yang berkelanjutan.”

Asosiasi Sepak Bola Palestina telah berupaya melarang tim pendudukan Israel dari kompetisi sejak Mei lalu, ketika FIFA membuka penilaian hukum yang mendesak dan berjanji untuk mempertimbangkan masalah tersebut selama pertemuan luar biasa Dewannya pada bulan Juli. Namun, mereka menunda pembahasan dan berjanji akan menyampaikan penilaian hukum tersebut kepada Dewannya paling lambat tanggal 31 Agustus. Mereka mengejutkan semua orang dengan menundanya lagi hingga bulan Oktober.

FIFA juga menolak untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut mengenai evaluasi atau tanggal spesifik untuk pertemuan tersebut, dan Asosiasi Sepak Bola Palestina belum menanggapi penundaan ini. Asosiasi Palestina telah meminta FIFA untuk menjatuhkan "sanksi yang sesuai" terhadap semua tim Israel, tim nasional, serta mereka yang bermain di klub sepak bola.

BERITA TERKAIT

Israel Hancurkan Stadion Sepak Bola Jenin Tepi Barat, Seluruh Area Jadi Puing-puing oleh Buldoser


Israel sengaja menghancurkan stadion sepak bola Jenin

Tentara pendudukan Israel dengan sengaja menghancurkan sebuah stadion sepak bola di kota Jenin di Tepi Barat yang diduduki utara selama serangan militer yang sedang berlangsung di kota tersebut dan kamp pengungsi yang dimulai Rabu lalu.

Asosiasi Sepak Bola Palestina menerbitkan klip video yang memperlihatkan pemandangan mengerikan dari kerusakan parah di stadion termasuk halaman dan tribunnya.

Seluruh area berubah menjadi puing-puing oleh buldoser pendudukan Israel.

Asosiasi Sepak Bola Palestina mengutuk serangan terhadap stadion tersebut dengan mengatakan serangan itu merupakan pelanggaran mencolok terhadap semua hukum dan norma internasional yang melindungi fasilitas olahraga dan menjamin hak kaum muda untuk berolahraga.

Ia menyerukan kepada badan-badan internasional dan organisasi olahraga global untuk mengambil tindakan mendesak guna menekan pendudukan Israel agar menghentikan pelanggaran ini dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab.

Israel melancarkan serangan terbesarnya di Jenin dalam 20 tahun terakhir pada hari Rabu lalu dan sejak itu telah menghancurkan lebih dari 70 persen jalan di kota itu , menurut pemerintah daerah setempat.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas