Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Abu Ubaida Umumkan Instruksi Baru Diberikan kepada Para Penjaga Sandera Israel di Gaza

Juru bicara sayap bersenjata Hamas, Brigade Al-Qassam, Abu Ubaida, mengumumkan pada hari Senin bahwa kelompok tersebut telah mengeluarkan instruksi.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Abu Ubaida Umumkan Instruksi Baru Diberikan kepada Para Penjaga Sandera Israel di Gaza
X/Telegram/Brigade Al-Qassam
Cuplikan video yang dirilis sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, di Telegram pada Sabtu (31/8/2024), memperlihatkan cuplikan pidato juru bicara Brigade Al-Qassam, Abu Ubaida pada 7 Juli 2024 yang menyebut akan ada operasi di Tepi Barat, Yerusalem, dan 48 wilayah lainnya. 

Jubir Hamas Abu Ubaida Umumkan Instruksi Baru Diberikan kepada Para Penjaga Sandera Israel di Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Juru bicara sayap bersenjata Hamas, Brigade Al-Qassam, Abu Ubaida, mengumumkan pada hari Senin bahwa kelompok tersebut telah mengeluarkan instruksi baru kepada penjaga tentang cara menangani sandera jika pasukan Israel mendekati lokasi mereka di Gaza, Reuters melaporkan.

Pada hari Minggu, militer Israel melaporkan penemuan jenazah enam sandera dari sebuah terowongan di kota Rafah, Gaza selatan, dengan klaim bahwa Hamas bertanggung jawab atas kematian mereka.




Obaida mengatakan kelompoknya menganggap Israel bertanggung jawab atas kematian tersebut.

Ia mengatakan instruksi baru tersebut, yang tidak dijelaskan secara rinci, diberikan kepada para penjaga sandera setelah operasi penyelamatan oleh Israel pada bulan Juni. Saat itu, pasukan Israel membebaskan empat sandera dalam serangan mematikan yang menewaskan ratusan warga Palestina, termasuk wanita dan anak-anak.

"Kegigihan Netanyahu untuk membebaskan tahanan melalui tekanan militer, alih-alih menyegel kesepakatan, berarti mereka akan dikembalikan ke keluarga mereka dalam keadaan tertutup. Keluarga mereka harus memilih apakah mereka menginginkan mereka hidup atau mati," katanya.

Israel dan Hamas gagal mencapai kesepakatan yang akan mengakhiri perang dan membebaskan sandera Israel dan asing yang ditawan di Gaza sebagai imbalan atas banyak warga Palestina yang dipenjara oleh Israel.

BERITA TERKAIT

Hamas menginginkan kesepakatan apa pun untuk mengakhiri perang dan mengeluarkan pasukan Israel dari Gaza sementara Netanyahu mengatakan perang hanya dapat berakhir setelah Hamas dikalahkan.

Instruksi Baru Hamas

Hamas mengatakan penjaga sandera di Gaza telah beroperasi berdasarkan instruksi baru

Sayap bersenjata Hamas mengatakan pada Senin bahwa sejak Juni kelompok itu telah beroperasi berdasarkan instruksi baru tentang cara menangani sandera jika pasukan Israel mendekati lokasi mereka di Gaza.

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah militer Israel menemukan jasad enam sandera dari sebuah terowongan di kota Rafah, Gaza selatan, dengan mengatakan mereka telah ditembak mati oleh para penculiknya saat pasukan Israel mendekat.

Abu Ubaida, juru bicara Brigade Al-Qassam Hamas, tidak memberikan rincian tentang instruksi tersebut. Ia mengatakan kelompoknya menganggap Israel bertanggung jawab atas kematian para sandera.

Instruksi baru tersebut, kata Ubaida, diberikan kepada para penjaga sandera setelah operasi penyelamatan oleh Israel pada bulan Juni. Saat itu, pasukan Israel membebaskan empat sandera dalam sebuah penyerbuan yang menewaskan puluhan warga Palestina, termasuk wanita dan anak-anak.

"Kegigihan Netanyahu untuk membebaskan tahanan melalui tekanan militer, alih-alih menyegel kesepakatan, berarti mereka akan dikembalikan ke keluarga mereka dalam keadaan tertutup. Keluarga mereka harus memilih apakah mereka menginginkan mereka hidup atau mati," katanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas