Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bulan Sabit Merah Menuduh Tentara Israel Menghalangi Tim Medis dan Kemanusiaan di Jenin

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengatakan bahwa tentara Israel menghalangi pekerjaan kru kemanusiaan dan medisnya di Jenin.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Bulan Sabit Merah Menuduh Tentara Israel Menghalangi Tim Medis dan Kemanusiaan di Jenin
Issam Rimawi/Anadolu Agency
Patroli kendaraan lapis baja tentara Israel terhadap Kamp Pengungsi Jenin di Jenin, Tepi Barat pada Sabtu, 31 Agustus 2024. 

Bulan Sabit Merah Tuduh Tentara Israel Halangi Tim Medis dan Kemanusiaan di Jenin

TRIBUNNEWS.COM- Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengatakan bahwa tentara Israel menghalangi pekerjaan kru kemanusiaan dan medisnya di Jenin, di Tepi Barat yang diduduki, Anadolu melaporkan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Senin, PRCS menyatakan “keprihatinan dan kekecewaan yang mendalam atas penyempitan ruang kemanusiaan oleh pendudukan Israel” dalam serangan militernya yang sedang berlangsung di Tepi Barat utara, khususnya di Kegubernuran Jenin.




Peringatan itu berisi peringatan tentang dampak agresi yang tak henti-hentinya yang dilancarkan oleh pasukan pendudukan Israel enam hari lalu terhadap kota Jenin, kamp pengungsian, dan desa-desa yang terhubung dengannya. Perhimpunan itu juga menggarisbawahi kerusakan besar yang menimpa rumah, properti, infrastruktur, serta jaringan listrik dan air, yang membuat seluruh wilayah itu tidak dapat dihuni, selain mencegah datangnya pasokan dasar bagi mereka yang terkena dampak.

PRCS lebih lanjut menyoroti larangan Israel atas masuknya pasokan dasar ke daerah yang terkena dampak dan atas akses ke layanan medis yang diperlukan untuk kelangsungan hidup warga. Pasukan pendudukan, tegasnya, juga telah mencegah kru ambulans mengangkut yang terluka, yang sakit, orang tua dengan penyakit kronis, dan wanita yang akan melahirkan ke rumah sakit untuk menerima perawatan yang diperlukan.

Masyarakat tersebut kembali menyerukan kepada masyarakat internasional untuk segera mengambil tindakan dan campur tangan guna memastikan bahwa Israel mematuhi tanggung jawabnya berdasarkan hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa Keempat, yang mewajibkan penguasa pendudukan untuk memastikan bahwa pasokan makanan dan medis yang memadai disediakan di wilayah yang diduduki. Masyarakat tersebut juga menekankan bahwa perlindungan wilayah kemanusiaan merupakan tanggung jawab utama penguasa pendudukan sebagaimana ditetapkan oleh hukum humaniter internasional.

Sebelumnya pada hari Senin, tentara Israel menembaki kru pers di kota Jenin dan mengejar mereka dengan buldoser sambil membersihkan jalan-jalan di dalam kota, lapor Anadolu .

BERITA TERKAIT

Tentara Israel memulai operasi militer terbesar di Tepi Barat dalam 22 tahun terakhir minggu lalu, termasuk kota Jenin, Tulkarm dan Tubas, sebelum mundur dari dua provinsi terakhir, sambil terus menyerbu kota Jenin dan kampnya. Pada Senin sore, tentara Israel kembali menyerbu kota Tulkarm dan kampnya.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan pada hari Senin bahwa jumlah korban tewas akibat agresi Israel di Tepi Barat telah mencapai 29, dengan 121 orang terluka sejak Rabu lalu. Kementerian itu menunjukkan bahwa jumlah korban tewas di Tepi Barat sejak Oktober lalu telah meningkat menjadi 681, dengan sekitar 5.700 orang terluka.

Seiring dengan perangnya di Gaza sejak 7 Oktober, tentara Israel telah memperluas serangannya dan para pemukim ilegal Yahudi telah meningkatkan serangan mereka di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem yang diduduki. Lebih dari 10.400 warga Palestina telah ditangkap, menurut lembaga resmi Palestina.

Perang Israel di Gaza telah mengakibatkan lebih dari 135.000 warga Palestina terbunuh atau terluka, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan wanita, dengan lebih dari 10.000 orang hilang, diduga tewas, di bawah reruntuhan rumah dan infrastruktur sipil yang dihancurkan oleh negara pendudukan.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas