Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mesir Mencak-mencak, Bantah Netanyahu yang Bilang Koridor Philadelphia Jadi Jalur Senjata Hamas 

Netanyahu menyoroti pentingnya secara strategis bagi Israel untuk mempertahankan kendali atas Koridor Philadelphia, pernyataan yang bikin Mesir marah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Mesir Mencak-mencak, Bantah Netanyahu yang Bilang Koridor Philadelphia Jadi Jalur Senjata Hamas 
jn/screencapture
Peta Koridor Philadelphia dan Penyeberangan Rafah yang ngotot dikuasai Israel dan enggan melepaskan kendali wilayah tersebut ke Mesir. 

Mesir Mencak-mencak, Bantah Netanyahu yang Bilang Koridor Philadelphia Jadi Jalur Senjata Hamas 

TRIBUNNEWS.COM - Mesir menyiratkan kemarahannya dan secara tegas membantah pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berbicara panjang lebar untuk membenarkan pendudukan pasukan Israel di Koridor Philadelphia, Senin (2/9/2024).

Pemerintah Mesir telah menandatangani perjanjian dengan rezim Israel, yang berupaya mengelola urusan Koridor Philadelphia, sebuah wilayah di sisi Palestina dari perbatasan Palestina-Mesir di Jalur Gaza selatan.

Baca juga: Yordania Bersumpah Gunakan Semua Kekuatan Lawan Usaha Israel Usir Warga Palestina di Tepi Barat




Pada  Mei tahun ini, pasukan pendudukan Israel melancarkan invasi darat mereka ke Rafah dan memfokuskan upaya mereka untuk menduduki Koridor Philadelphia, termasuk perlintasan perbatasan Rafah.

Dalam pidato media hari Senin, Netanyahu menyebutkan Mesir dalam beberapa kesempatan untuk "mengalihkan opini publik Israel, menghalangi tercapainya kesepakatan gencatan senjata, dan menghalangi upaya mediasi Mesir, Qatar, dan Amerika," demikian bunyi pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Mesir.

Netanyahu mengkritik Mesir dalam pidatonya dan mengklaim kalau Mesir gagal mengamankan perbatasannya dengan Jalur Gaza, yang membuat milisi Perlawanan Palestina semakin berani.

Pada konferensi pers itu, Netanyahu juga menyoroti pentingnya secara strategis untuk mempertahankan kendali Israel atas Koridor Philadelphia, sebidang tanah sempit di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir.

BERITA TERKAIT

Netanyahu menggambarkan Koridor Philadelphia sebagai "jalur hidup Hamas untuk senjata."

Baca juga: Mesir Beri Sinyal ke Hamas Cs, Gabung Perang Kalau Israel Rebut Kendali Koridor Philadelphia

Ia mengakui adanya perbedaan pendapat internal dalam pemerintahannya mengenai keberadaan militer yang berkelanjutan di koridor ini tetapi bersikeras bahwa hal itu penting bagi keamanan Israel.

Sperti diketahui, setelah rezim Israel memutuskan untuk menarik diri secara sepihak dari Jalur Gaza pada tahun 2005, otoritas Palestina mengambil alih kendali yang sah atas Koridor Philadelphia dan perlintasan perbatasan Rafah.

Pernyataan Mesir tersebut menyatakan bahwa pemerintah Israel bertanggung jawab atas "konsekuensi dari pernyataan yang memperburuk situasi, yang bertujuan untuk membenarkan kebijakan yang agresif dan menghasut, dan menyebabkan eskalasi lebih lanjut di kawasan tersebut."

"Republik Arab Mesir menegaskan komitmennya untuk melanjutkan peran historisnya dalam memimpin proses perdamaian di kawasan tersebut, yang berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan keamanan regional serta mencapai stabilitas bagi semua masyarakat di kawasan tersebut," pernyataan tersebut menyimpulkan.

Netanyahu telah menjadi sasaran tekanan dan kritik yang berlebihan setelah enam tawanan Israel, termasuk seorang warga negara ganda dengan kewarganegaraan Amerika, tewas di Jalur Gaza selatan dan jenazah mereka ditemukan pada hari Minggu.

Menurut media Israel, pejabat keamanan dan militer Israel memperingatkan skenario yang tepat jika perjanjian gencatan senjata dengan Perlawanan Palestina tidak tercapai.

Baca juga: IDF Beri Sinyal Mundur dari Koridor Philadelphia, Mesir-Israel Siapkan Ribuan Kamera di Perbatasan?

Peta koridor Philadelphia
Peta koridor Philadelphia (X/jordannewsdaily)

Koridor yang Dipenuhi Jenazah

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas