Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Reshuffle oleh Volodymyr Zelenskyy, 5 Menteri Kabinet Ukraina Mendadak Mengundurkan Diri

Pengunduran lima menteri kabinet Zelensky ini terjadi menyusul tersiarnya kabar Presiden Volodymyr Zelensky yang akan segera menggelar reshuffle

Penulis: Bobby W
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Jelang Reshuffle oleh Volodymyr Zelenskyy, 5 Menteri Kabinet Ukraina Mendadak Mengundurkan Diri
Dokumen Kantor Kepresidenan Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan pekan-pekan ini menjadi saat yang menentukan bagi nasib Ukraina. Pada hari Selasa (3/9/2024) lima menteri di Kabinet Zelensky mendadak mengundurkan diri jelang terjadinya reshuffle 

TRIBUNNEWS.COM - Perombakkan besar-besaran tengah terjadi di kabinet pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Hal ini terjadi menyusul mundurnya Menteri Industri Strategis, Oleksandr Kamyshin dari jabatannya pada hari Selasa (3/9/2024).

Mundurnya menteri Ukraina yang bertanggung jawab atas produksi senjata mengundurkan diri ini ikut menambah daftar panjang empat menteri lainnya yang juga mengundurkan diri dalam perombakan besar-besaran oleh Zelensky.




Selain Kamyshin, mereka yang mengundurkan diri adalah Menteri Kehakiman Denys Maliuska, Menteri Ekologi Ruslan Strilets, Wakil Perdana Menteri untuk Integrasi Eropa dan Euro-Atlantik Olha Stefanishyna, dan Menteri Reintegrasi Iryna Vereshchuk.

Dikutip Tribunnews dari Reuters, lima menteri tersebut telah menyerahkan surat pengunduran diri mereka kepada DPR Ukraina pada Selasa kemarin ungkap Ketua Parlemen, Ruslan Stefanchuk 

Mundurnya lima menteri tersebut meninggalkan lebih dari sepertiga kabinet kosong setelah Zelensky juga melakukan pemecatan di beberapa posisi menteri pada tahun ini.

Pengunduran lima menteri kabinet Zelensky ini terjadi menyusul kabar sang Presiden yang akan segera menggelar reshuffle jelang momen krusial dalam perang melawan Rusia.

BERITA TERKAIT

Presiden Volodymyr Zelensky dan sekutu politiknya dikabarkan segera mengisi posisi yang ditinggalkan para menteri tersebut jelang perjalanannya bulan ini ke Amerika Serikat.

Zelensky dikabarkan akan mempresentasikan langsung kabinet dan strategi barunya untuk meraih "rencana kemenangan" kepada Presiden AS Joe Biden selaku sekutu kuncinya pada bulan September ini.

"Musim gugur akan sangat penting bagi Ukraina. Dan lembaga-lembaga negara kita harus diatur sedemikian rupa agar Ukraina mencapai semua hasil yang kita butuhkan - untuk kita semua," kata Zelenskiy dalam pidatonya semalam.

"Untuk itu, kita harus memperkuat beberapa bidang pemerintahan dan perubahan dalam susunannya telah dipersiapkan. Akan ada juga perubahan di (kantor) presiden." ungkap Zelensky.

Baca juga: Serangan Ukraina Hancurkan Taman Kanak-Kanak, Gubernur Belgorod: Kelas Daring Akan Diadakan

Zelenskiy juga telah memberhentikan Rostyslav Shurma, salah satu wakil kepala stafnya yang bertanggung jawab atas bidang ekonomi

Pemecatan Shurma ini dipublikasikan melalui situs web kepresidenan lewat sebuah dekret.

David Arakhamia, seorang legislator senior dari partai Zelenskiy, mengakui memaklumi banyaknya menteri mundur lantaran bocoran adanya "reset" besar-besaran dari pemerintah Ukraina jelang musim gugur ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas