Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zelensky Mengeluh Rusia Masih Mampu Dapatkan Komponen Rudal dan Drone Buatan Barat

Rusia masih dapat memproduksi rudal berdasarkan komponen dari berbagai negara di seluruh dunia.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Zelensky Mengeluh Rusia Masih Mampu Dapatkan Komponen Rudal dan Drone Buatan Barat
HANDOUT / RUSSIAN DEFENCE MINISTRY / AFP
Ilustrasi: Seorang penerbang memeriksa pesawat tempur MiG-31K angkatan udara Rusia yang membawa rudal jelajah hipersonik Kinzhal selama latihan Pasukan Deterrence Strategis Grom-2022 pada 19 Februari 2022. 

TRIBUNNEWS.COM -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyindir negara-negara Barat yang tidak menghentikan ekspor komponen senjata-senjata yang digunakan Rusia untuk menginvasi negaranya.

Ia menginginkan agar mereka menutup akses komponen yang digunakan Rusia dalam memproduksi Rudal.

"Hari ini, kami berbicara, khususnya, tentang bagaimana membuat tindakan sanksi dan penguatan Ukraina lebih efektif dan kuat.

Baca juga: Ukraina Tetap Duduki Kursk, Zelensky Ogah Umbar Prestasi setelah Tahun Lalu Gagal Balas Rusia




Sayangnya, Rusia masih dapat memproduksi rudal berdasarkan komponen dari berbagai negara di seluruh dunia. Selain itu, pemerintah Rusia menciptakan berbagai skema untuk menghindari sanksi.

Semua ini dapat dihentikan hanya dengan kerja sama yang kuat dan tepat waktu oleh semua negara yang menghargai tatanan internasional yang normal berdasarkan aturan dan mencari perdamaian," kata Zelensky dikutip dari Ukrinform, Kamis (5/9/2024).

Saat ini puluhan negara-negara Barat dan Asia yang menjadi sekutu Ukraina memberikan sanksi ekonomi ke Rusia. Namun pada kenyataannya, Moskow masih bebas memproduksi rudal dan senjata lain seperti pesawat nirawak (UAV) atau drone dengan suku cadang dari luar negeri.

The Russia Times memberitakan sejumlah rudal yang ditembakkan Rusia ke Ukraina dan membuat kerugian banyak di pihak Ukraina adalah Kinzhal Kh-101.

BERITA TERKAIT

Rudal itu merupakan senjata mematikan yang dilengkapi dengan bahan peledak seberat ratusan kilogram.

Berdasarkan Ukraina Visit, menyebutkan Badan Nasional untuk Pencegahan Korupsi (NAPC) menerbitkan basis data komponen asing dalam senjata Rusia, menjadi jelas bahwa hampir tidak ada komponen Rusia dalam senjata ini. Sebaliknya, hampir 75 persen dari semua komponen diproduksi oleh perusahaan yang terdaftar di Amerika Serikat.

Sementara untuk Khinzal sendiri, 78 persen suku cadangnya berasal dari AS.

Rusia memang memiliki kemampuan membeli suku cadang rancangan Barat di pasar terbuka dan mengimpornya melalui Tiongkok.

Ini menjadi keberhasilan Moskow dalam menghindari sanksi masa perang.

Baca juga: Empat Drone Shahed Rusia Nyasar ke Belarus, Sebuah Jet Tempur Langsung Dikerahkan

Produksi Kh-101 meningkat delapan kali lipat dari 56 pada tahun 2021 menjadi 420 tahun lalu, menurut laporan bulan lalu oleh Royal United Services Institute (RUSI), lembaga pemikir pertahanan Inggris.

Laporan RUSI tahun 2022 mengatakan Kh-101 memiliki 31 komponen asing dengan suku cadang yang diproduksi oleh perusahaan termasuk Intel Corporation yang berbasis di AS dan Xilinx milik AMD.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas