Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMW Tarik 1,5 Juta Mobil karena Masalah Rem, Saham Anjlok

BMW menarik kembali atau recall sekitar 1,5 juta kendaraan karena masalah pada rem dan memangkas proyeksi bisnisnya untuk tahun ini.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in BMW Tarik 1,5 Juta Mobil karena Masalah Rem, Saham Anjlok
Tangkap layar X/BMW
BMW Tarik 1,5 Juta Mobil karena Masalah Rem, Saham Anjlok. BMW menarik kembali atau recall sekitar 1,5 juta kendaraan karena masalah pada rem dan memangkas proyeksi bisnisnya untuk tahun ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Bayerische Motoren Werke (BMW) mengumumkan pada Selasa (10/9/2024) bahwa pihaknya menarik kembali atau recall sekitar 1,5 juta kendaraan karena masalah pada rem dan memangkas proyeksi bisnisnya untuk tahun ini.

Saham produsen mobil mewah Jerman tersebut anjlok buntut penarikan jutaan unit kendaraan tersebut.

"Penarikan kembali ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap penjualan di seluruh dunia pada paruh kedua tahun ini," papar grup yang juga menaungi merek Rolls-Royce dan Mini, VOA News melaporkan.




BMW mengatakan dampak finansial dalam tiga bulan hingga akhir September akan berada pada kisaran "tiga digit juta" euro.

Penarikan kembali itu merupakan tambahan berita buruk bagi BMW.

Perusahaan ini telah terpukul oleh melemahnya permintaan China bagi sektor otomotif Jerman secara umum setelah Volkswagen pekan lalu mengumumkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan langkah yang belum pernah diambil sebelumnya, yaitu penutupan pabrik di Jerman.

Sistem pengereman di balik masalah ini dipasok oleh Continental, kata seorang sumber yang mengetahui dekat masalah tersebut kepada kantor berita AFP.

BERITA TERKAIT

"Selain dampak penarikan tersebut, permintaan yang lesu di China mempengaruhi volume penjualan,"

"Meskipun ada langkah-langkah stimulus dari pemerintah, sentimen konsumen masih lemah," kata BMW dalam sebuah pernyataan.

Pengiriman kendaraan bakal menurun

BMW, yang berkantor pusat di Munich, memperkirakan pengiriman kendaraan akan sedikit menurun pada tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: BMW R 1300 GS Trophy Mendarat di Indonesia Versi Full Aksesoris

Dikutip dari Daily Sabah, sebelumnya, BMW memproyeksikan akan ada sedikit peningkatan dalam pengiriman kendaraan.

Namun, BMW tidak memberikan angka pastinya.

Pada 2023 pengiriman kendaraan BMW, Rolls-Royce dan Mini mencapai 2,56 juta.

Produsen mobil tersebut juga memangkas panduan perolehan laba dan memperkirakan margin tahun ini antara enam dan tujuh persen, turun dari antara delapan persen hingga 10 persen sebelumnya.

Saham pembuat mobil itu anjlok sembilan persen di Bursa Efek Frankfurt setelah pengumuman tersebut.

Bulan lalu BMW juga menarik kembali 1,4 juta kendaraan di China karena masalah kantong udara atau airbag, regulator pasar negara tersebut mengumumkan.

BMW melaporkan penurunan laba bersih pada kuartal kedua, karena dampak dari bisnis di China yang lebih buruk dan biaya produksi yang lebih tinggi.

Laba bersih grup ini turun 8,6 persen menjadi 2,7 miliar euro (setara 46 triliun rupiah) antara April dan Juni, disebabkan oleh penurunan pendapatan sebesar 0,7 persen menjadi sedikit di bawah 37 miliar euro (sekitar 631.14 triliun rupiah).

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas