Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Diduga Ingin Ubah Yordania Jadi Negara Palestina, Suku-Suku Yordania Cemas

Suku-suku Yordania menuding Israel berupaya mengubah Yordania menjadi negara Palestina.

Penulis: Febri Prasetyo
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Israel Diduga Ingin Ubah Yordania Jadi Negara Palestina, Suku-Suku Yordania Cemas
khaberni
Tembok perbatasan sepanjang ratusan kilometer dari garis perbatasan Israel dengan Yordania. IDF mempertimbangkan membentuk divisi militer baru di perbatasan dengan Yordania karena meningkatnya ancaman. 

TRIBUNNEWS.COM - Suku-suku di Yordania mengungkapkan kekhawatirannya setelah Israel menyerang Tepi Barat hampir tiap hari.

Israel juga mengumumkan rencana untuk mengusir warga Palestina dari Tepi Barat.

Suku-suku Yordania takut bahwa tindakan Israel itu adalah bagian dari rencana Israel untuk mengubah Yordania menjadi negara Palestina dan mengganggu stabilitas kerajaan itu.




Bulan kemarin Israel melakukan operasi militer terbesarnya di Tepi Barat sejak Intifada Kedua. Ratusan tentara Israel menyerang kota-kota di Tepi Barat, seperti Jenin, Tulkarm, dan Tubas.

Pasukan Israel mengepung Jenin dan kamp pengungsiannya selama 10 hari. Puluhan warga Palestina tewas dan infrastruktur penting hancur.

Israel akhirnya menarik diri dari Jenin hari Jumat pekan lalu. Meski demikian, Israel membantah telah mengakhiri operasinya di Tepi Barat.

Dikutip dari Middle East Eye, penyerbuan-penyerbuan Israel itu memicu kekhawatiran di Yordania yang berbatasan dengan Tepi Barat dan Israel sepanjang 335 km.

BERITA TERKAIT

Pekan lalu Menteri Luar Negeri Ayman Safadi sudah memperingatkan Israel. Dia mengatakan setiap upaya untuk memindahkan warga Palestina ke wilayah Yordania akan dianggap sebagai “deklarasi perang”.

Peringatan Safadi muncul setelah Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan negaranya perlu “mengatasi ancaman” di Tepi Barat,

Katz mengatakan caranya sama seperti cara Israel “mengatasi infrastruktur teror di Gaza, termasuk evakuasi sementara warga sipil Palestina dan langkah lain yang diperlukan”.

Menurut Karz, “evakuasi sementara” itu akan dilakukan dalam beberapa kasus pertempuran besar.

Baca juga: Panas di Perbatasan Pendudukan Israel, Raja Yordania Hadiri Latihan Militer Artileri Tentara Arab

Ketika itu terjadi, warga Palestina akan mengungsi “dari satu pemukiman ke pemukiman lain di dalam kamp pengungsi untuk mencegah warga sipil terpapar bahaya”.

Pernyataan Katz itu memicu kemarahan di antara suku-suku Yordania yang takut Israel bakal memanfaatkan kondisi seperti itu untuk mendesak banyak warga Palestina dari Tepi Barat untuk pergi ke Yordania.

Kepala Forum Wasatiya sekaligus tokoh masyarakat di Kota As-Salt, Marwan Faouri, mengatakan tindakan Israel serta pernyataan dari para anggota dewan Israel sayap kanan memunculkan ancaman besar terhadap stabilitas Yordania.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas