Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Tak Membantah Tentaranya Bunuh Wanita Amerika-Turki di Tepi Barat

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak membantah kalau tentaranya membunuh wanita berdarah Amerika-Turki di Tepi Barat ketika berdemonstrasi pekan lalu

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Israel Tak Membantah Tentaranya Bunuh Wanita Amerika-Turki di Tepi Barat
International Solidarity Movement (ISM)
Aktivis keturunan Turki-AS, Aysenur Ezqi Eygi (26) tewas ditembak penembak jitu Israel saat berdemonstrasi menentang permukiman liar warga Zionis di Tepi Barat pada Jumat (6/9/2024). Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak membantah kalau tentaranya membunuh wanita berdarah Amerika-Turki di Tepi Barat ketika berdemonstrasi pekan lalu.. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak membantah kalau tentaranya membunuh wanita berdarah Amerika-Turki di Tepi Barat ketika berdemonstrasi pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (10/9/2024), tentara Israel mengatakan telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

“Penyelidikan menemukan bahwa sangat mungkin dia terkena tembakan secara tidak langsung dan tidak sengaja oleh (militer Israel) yang tidak ditujukan kepadanya, tetapi ditujukan kepada provokator utama kerusuhan,” kata militer.




Mereka mengatakan kematian Aysenur Ezgi Eygi (26) tidak disengaja, dikutip dari Al Jazeera.

“Insiden tersebut terjadi selama kerusuhan berdarah di mana puluhan tersangka Palestina membakar ban dan melemparkan batu ke arah pasukan keamanan di Persimpangan Beita," papar Israel.

IDF juga menyatakan penyesalan yang mendalam atas kematian aktivis perempuan itu.

"Militer Israel menyampaikan penyesalan terdalamnya atas kematian Aysenur Ezgi Eygi," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa saat ini militer telah mengajukan permintaan untuk melakukan otopsi terhadap jenazah Aysenur Ezgi Eygi.

Jumat lalu (6/9/2024), pejabat Turki dan Palestina mengatakan tentara Israel menembak Aysenur Ezgi Eygi, yang ikut demo menentang perluasan permukiman selama pawai protes rutin oleh aktivis di Beita, sebuah desa dekat Nablus.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia sebelumnya mengatakan pasukan Israel membunuh Eygi dengan “tembakan di kepala”.

Siapa Aysenur Ezgi Eygi?

Baca juga: Putin Bersedia ke Turki jika Dikawal Jet Tempur Rusia, Sistem Pertahanan NATO Akan Dimatikan?

Aysenur Ezgi Eygi adalah anggota Gerakan Solidaritas Internasional (ISM), organisasi pro-Palestina.

Pada hari Sabtu (7/9/2024) kemarin, organisasi tersebut menolak klaim bahwa aktivisnya melemparkan batu ke pasukan Israel sebagai "salah" dan mengatakan demonstrasi itu damai.

Pembunuhan Eygi terjadi di tengah meningkatnya kekerasan di Tepi Barat, terlebih sejak Israel melancarkan perang di Gaza pada bulan Oktober.

Otoritas Palestina menggelar prosesi pemakaman untuk Eygi di kota Nablus, Tepi Barat, pada hari Senin (9/9/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas