Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Drone Ukraina Hajar Wilayah Rusia Utara, Barat Ingatkan Kyiv: Kalian Sulit Menang

Drone militer Ukraina menyerang wilayah Murmansk di Rusia utara yang berbatasan dengan negara-negara NATO.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Drone Ukraina Hajar Wilayah Rusia Utara, Barat Ingatkan Kyiv: Kalian Sulit Menang
Euronews
Drone militer Ukraina menyerang wilayah Murmansk di Rusia utara yang berbatasan dengan negara-negara NATO. Militer Rusia kemudian membalasnya dengan menembak jatuh 3 drone. 

 

TRIBUNNEWS.COM - Drone militer Ukraina menyerang wilayah Murmansk di Rusia utara yang berbatasan dengan negara-negara NATO. Militer Rusia kemudian membalasnya dengan menembak jatuh 3 drone.

Gubernur Murmansk, Andrey Chibis di saluran Telegramnya hari Rabu, 11 September 2024 kemarin langsung menyiagakan pertahanan udara lokal untuk mengusir drone yang masuk.




Regulator penerbangan Rusia Rosaviatsia melaporkan bahwa bandara di ibu kota regional Murmansk, kota pelabuhan strategis di pantai utara Rusia, dan kota Apatity telah ditutup sementara untuk menjamin keselamatan pesawat sipil.

Wilayah ini berbatasan dengan Finlandia, anggota terbaru NATO, dan Norwegia. Chibis memperingatkan penduduk setempat untuk tetap waspada dan memperhatikan peringatan serangan udara.

“Wilayah kami sedang diserang oleh drone musuh, jadi saya meminta Anda memahami sejumlah pembatasan sementara yang harus kami terapkan."

"Semua tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan keamanan sedang diambil. Pertahanan udara sedang berupaya menghancurkan drone musuh,” kata gubernur dalam pidato video pada Rabu pagi.

Drone militer Ukraina.
Drone militer Ukraina.
BERITA TERKAIT

Saluran Baza Telegram sebelumnya melaporkan bahwa tiga drone terlihat menuju ke arah Severomorsk, markas angkatan laut utama Armada Utara Rusia di wilayah tersebut.

Gubernur tidak mengomentari laporan tersebut, namun kemudian mengumumkan di Telegram bahwa “ketiga drone” telah ditembak jatuh.

Dia tidak mengungkapkan rincian mengenai korban atau kerusakan akibat serangan itu.

Wilayah Murmansk terletak di barat laut Rusia bagian Eropa di sepanjang Laut Barents dan Laut Putih. Negara ini berbatasan darat dengan Finlandia dan Norwegia, dan ibu kotanya dengan nama yang sama dianggap sebagai kota terbesar di dunia di utara Lingkaran Arktik.

Kiev telah meningkatkan serangan UAV terhadap Rusia selama beberapa bulan terakhir, dengan drone yang dikatakan menargetkan infrastruktur energi dan sering kali menyerang daerah pemukiman.

Gelombang terbaru terjadi pada Senin malam, dengan Kementerian Pertahanan melaporkan total 144 UAV hancur atau dicegat di sembilan wilayah Rusia, termasuk Moskow.

Selama penggerebekan, setidaknya dua blok apartemen di kota Ramenskoe di luar ibu kota dihantam, mengakibatkan kematian seorang wanita berusia 46 tahun.

Baca juga: Drone Ukraina Hantam Depot Minyak di Rostov Rusia, 3 Tangki Terbakar

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas